Mayoritas Anggaran IMF-World Bank untuk Infrastruktur

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 08 Oct 2018 15:59 WIB
IMF-World Bank
Mayoritas Anggaran IMF-World Bank untuk Infrastruktur
Presiden Joko Widodo - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut mayoritas alokasi anggaran pertemuan tahunan IMF-World Bank untuk pengembangan infrastruktur di Bali. Anggaran tersebut antara lain untuk memperluas apron di bandara, serta membuat terowongan jalan agar menghindari kemacetan.

"Artinya setelah itu akan kita gunakan terus. Bukan sesuatu yang hilang," kata Jokowi di Universitas Sumatera Utara, Senin, 8 Oktober 2018.

Indonesia siap menggelar pertemuan tahunan IMF-World Bank. Penyelenggaraan acara bertaraf internasional ini diyakini menguntungkan Indonesia.

"Annual meeting sebesar itu, 15.000 (orang) yang datang, menjadi rebutan semua negara. Karena meeting seperti itu pasti memiliki dampak paling tidak memberikan citra yang baik terhadap negara yang dipakai untuk pertemuan itu," ujar dia.

Laporan terakhir, pertemuan ini akan dihadiri kurang lebih 34 ribu orang. Jokowi berharap hal itu dapat meningkatkan kunjungan wisata dan devisa yang akan masuk.

(Baca juga: Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai Rampung)

"Kita harapkan ini akan memperkuat promosi kita untuk tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya kira arahnya ke sana," ucap dia.

Pertemuan tahunan IMF-World Bank yang diselenggarakan di Bali sempat menuai kritik. Salah satunya terkait anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah mengalokasikan anggaran sejumlah Rp810,17 miliar. Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan anggaran ini lebih kecil dibanding empat tuan rumah IMF-World Bank  sebelum Indonesia. 


 


(REN)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

5 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA