Natal dan Tahun Baru Diprediksi Kerek Inflasi Desember

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 04 Dec 2018 10:32 WIB
inflasibank indonesia
Natal dan Tahun Baru Diprediksi Kerek Inflasi Desember
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) DKI Jakarta memperkirakan inflasi pada Desember 2018 meningkat sesuai dengan polanya. Hal ini sebagaimana memerhatikan pola perkembangan harga-harga di Jakarta hingga akhir November 2018.

"Masuknya Hari Natal serta Tahun Baru 2019 menjadi faktor pendorong meningkatnya permintaan barang dan jasa secara umum," kata Kepala KPw BI DKI Jakarta Trisno Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Gejolak harga yang perlu diperhatikan adalah tekanan harga transportasi dan harga bahan makanan. Pasalnya, dinamika harga-harga di Jakarta dapat memengaruhi kinerja kestabilan harga secara nasional, mengingat cukup besarnya kontribusi Jakarta.

Dirinya menambahkan berbagai perkembangan harga DKI Jakarta telah menjadi barometer pergerakan harga nasional, sehingga sangat penting untuk mengendalikan berbagai gejolak harga yang ada di ibu kota.

"Tercapainya kestabilan inflasi di Jakarta akan mendorong pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jakarta secara khusus, dan nasional secara umum," jelas dia.

Adapun penguatan koordinasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui TPID sangat diperlukan untuk memastikan tetap terkendalinya inflasi 2018 sesuai dengan sasaran inflasi nasional 3,5 plus minus satu persen.

Sebelumnya, inflasi ibu kota pada November 2018 tercatat sebesar 0,30 persen (mtm). Inflasi di DKI Jakarta lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi nasional yaitu 0,27 persen (mtm), maupun terhadap rata-rata tiga tahun sebelumnya 0,15 persen (mtm).

Dengan demikian, laju inflasi ibu kota tercatat sebesar 2,66 persen (ytd) atau 3,33 persen (yoy). Inflasi terutama disebabkan kenaikan harga bahan makanan, yang tercatat mengalami inflasi sebesar 0,62 persen (mtm) dan berkontribusi sebesar 0,11 persen terhadap inflasi November 2018.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

16 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA