Pimpinan DPR Apresiasi Kinerja BPK

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 19 May 2017 20:14 WIB
berita dpr
Pimpinan DPR Apresiasi Kinerja BPK
Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto:Antara/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR RI Setya Novanto mengapresiasi kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang telah menyelesaikan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2016.

Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, BPK memberikan penilaian terhadap laporan pertanggungjawaban Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2016.

"Untuk itu, Pimpinan DPR menyampaikan penghargaan dan selamat kepada pemerintah," kata Novanto, dalam keterangan tertulis, Jumat, 19 Mei 2017.

Politikus Golkar itu mengingatkan pemerintah untuk tetap menindaklanjuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh BPK, sehingga implementasi anggaran pada mendatang menjadi lebih baik.

Berdasarkan laporan LKPP yang disampaikan oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara dalam rapat paripurna di DPR, terdapat 74 Kementerian/Lembaga yang mendapat predikat WTP, 8 Lembaga/Kementerian mendapat Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan 6 Lembaga/Kementerian Tidak Menyatakan Pendapat (disclaimer).

Novanto meminta kepada Lembaga/Kementerian yang belum mendapat predikat WTP untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dan kualitas laporan keuangannya pada tahun-tahun yang akan datang.

Pada Rapat Paripurna DPR RI tersebut juga didengarkan Pengantar dan Keterangan Pemerintah atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal Tahun Anggaran Tahun 2018, yang disampaikan oleh Menteri Keuangan.

Pimpinan DPR memberikan apresiasi atas optimisme pemerintah dalam menetapkan perkiraan awal pertumbuhan ekonomi antara 5,4-6,1 persen. Optimisme tersebut akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat dan upaya mengatasi kesenjangan.

"Kerja keras pemerintah juga tercermin dari keberhasilan menurunkan angka gini ratio dari 0,39 menjadi 0,38. Ini berarti pemerataan pembangunan semakin meluas bagi masyarakat," kata Novanto.


(ROS)