Cara Meningkatkan Kembali Perekonomian Batam

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 11 Aug 2017 11:02 WIB
berita dpd
Cara Meningkatkan Kembali Perekonomian Batam
Para penumpang KM Kelud keluar dari kapal saat tiba di Pelabuhan Batu Ampar Batam, Kepri, Minggu (8/1/2017). Antara Foto/Septianda Perdana/foc/17.

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Kepulauan Riau Djasarmen Purba mengatakan, ada dua langkah untuk membangkitkan kembali perekonomian di Batam. Pertama, memanfaatkan Bandara Hang Nadim, dan kedua, perbaikan pelabuhan.

Menurut dia, perekonomian di Batam melemah antara lain dipengaruhi ekonomi global. Sektor galangan dan migas menjadi tidak bergairah. Begitu juga penjualan barang elektronik dan pabrik. Hubungan yang kurang harmonis antara BP Migas dan Pemerintah Kota Batam juga diduga jadi penyebab melemahnya perekonomian.

"Ini harus segera diselesaikan," kata Djasarmen saat kunjungan kerja ke kantor DPD Kepulauan Riau, Batam Center, Rabu 9 Agustus 2017.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, pada Kamis 10 Agustus, Djasarmen mengaku sudah menemui beberapa pihak guna mencari solusi meningkatkan kembali perekonomian di Batam. Namun, hingga kini solusi yang dihadirkan belum menemui titik terang.

“Ayo, jangan hanya gara-gara konflik beberapa pihak, Batam semakin ketinggalan," tegas Djasarmen.

Menurutnya, ada dua langkah meningkatkan perekonomian Batam, yakni dengan mengandalkan Bandara Hang Nadim, dan perbaikan pelabuhan.

"Bandara Hang Nadim sekarang sudah bisa dikatakan menjadi unggulan yang siap menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu, terdapat lahan seluas 1.760 hektare yang disiapkan untuk pemeliharaan pesawat dan sudah melakukan MoU dengan Lion Air dan Garuda," papar Djasarmen.

Djasarmen berharap, kerja sama tak hanya dengan penerbangan nasional, bila perlu dengan maskapai penerbangan luar negeri seperti Qatar, Singapura, dan Australia. Menurutnya, Batam salah satu destinasi yang patut diperhitungkan di Indonesia.


(TRK)