Bulog Dapat Tambahan Serapan dari Revitalisasi Penggilangan Padi

Kautsar Widya Prabowo    •    Rabu, 11 Apr 2018 14:16 WIB
stok berasbulog
Bulog Dapat Tambahan Serapan dari Revitalisasi Penggilangan Padi
Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Perum Bulog memastikan akan memperoleh tambahan pasokan serapan gabah dari kebijakan revitalisasi penggilingan dan pengering (drayer) padi. Hal tersebut didukung dengan langkah penyaluran Kredit Usaha Rakayat (KUR) oleh pemerintah melalui sejumlah perbankan.

Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengungkapkan pihaknya mendorong terjadinya moderinisasi penggilingan padi kecil melalui program-program pemerintah, salah satunya KUR.

"Bulog tentunya diuntungkan karena akan memperoleh dukungan tambahan untuk serapan," ujarnya, usai rapat koordinasi revitalisasi penggilingan padi, di Gedung Kemenko, Jakarta, Rabu, 11 April 2018.

Ia menambahkan revitalisasi itu mendorong ruang untuk industri perbankan. "Teman perbankan bukan diwajibkan atau menjadi ancaman. Hal itu membuka ruang baru terutama industri perbankan," tuturnya.

Selain itu, kebijakan tersebut harus menguntungkan semua pihak terutama bagi petani lantaran dapat mendongkrak harga gabah yang lebih tinggi. "Kalau dari teman-teman Perpadi ikut memperbesar serapan, tentu harga dipetani lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut, tambah Djarot, pihaknya bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menargetkan skema tersebut dapat rampung dalam seminggu lagi. Namun, tidak ditampik tak bisa langsung dilakukan penyaluran KUR secara menyeluruh.

"Mungkin tidak semua. Tapi kalau sudah mulai ini bagus dan akan dikloning di musim yang akan datang," tukasnya.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, penyebab utama mengapa harga beras masih mahal meski telah memasuki musim panen adalah kualitas yang kurang bagus karena mesin pengering yang tidak memadai.

"Terkait dengan panen, masalah utama kami adalah mahalnya harga dan rendahnya kualitas panen yang disebabkan oleh kurangnya risit teknologi dan mesin pengering," pungkasnya.


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

3 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA