Dorong Bisnis e-Commerce, Kominfo Bangun Infrastruktur Broadband

Kautsar Widya Prabowo    •    Selasa, 17 Apr 2018 15:05 WIB
e-commerce
Dorong Bisnis e-Commerce, Kominfo Bangun Infrastruktur <i>Broadband</i>
Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Ikhsan Baidirus (tengah) Medcom/Eko Nordiansyah.

Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun infrastruktur yang memadai guna mendukung perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia. Apalagi peluang yang dimiliki oleh bisnis e-commerce di Indonesia terbilang cukup besar didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Ikhsan Baidirus mengatakan, pemerintah memiliki tugas dan fungsi untuk mendorong pembangunan nasional. Salah satu yang bisa dikembangkan adalah bisnis e-commerce.

"Ada dua hal yang bisa mendukung pergerakan potensi e-commerce nasional, yaitu infrastruktur fisik yang itu di bawah Kementerian PUPR dan pembangunan broadband nasional yang menjadi tanggung jawab kami," kata dia di Kantor Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 17 April 2018.

Dirinya menambahkan, pembangunan broadband meliputi percepatan jaringan 4G di seluruh Indonesia, pembangunan palapa ring, pembangunan satelit multifungsi. Dengan demikian jaringan broadband menjadi menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia.

Kajian Kominfo dan Kementerian Koordinator Perekonomian menyebut, bisnis e-commerce di Indonesia berpotensi meningkat hingga USD130 miliar pada 2020. Untuk itu dibutuhkan kerja sama antar pihak demi mewujudkan potensi tersebut agar bisa tercapai.

"Hal ini dapat terwujud jika tercipta 1.000 digital teknopreneur dengan valuasi bisnis mencapai USD10 miliar. Ini menjadi potensi besar bagi pos logistik nasional, namun e-commerce tersebut juga berhasil apabila didukung logistik yang kuat sebagaimana disebutkan sebelumnya," jelas dia.

Untuk mendorong industri logistik e-commerce, Kominfo akan menggelar seminar 'Kontribusi Industri Logistik untuk Ekonomi Digital'. Seminar ini akan mempertemukan berbagai pemangku kepentingan dari pihak e-commerce, pelaku industri logistik, serta pemerintah.



(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA