Pertemuan WB-IMF Diyakini Dongkrak Investasi RI

Ilham wibowo    •    Selasa, 18 Sep 2018 17:45 WIB
investasibkpmimf-world bank
Pertemuan WB-IMF Diyakini Dongkrak Investasi RI
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong. Foto: MI/Galih Pradipta.

Jakarta: Beragam pertemuan ekonomi bertaraf internasional diyakini bakal mendongkrak investasi bagi Indonesia, salah satunya International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) 2018. Kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, pertemuan tahunan yang dihelat di Bali pada 8-14 Oktober 2018 itu perlu dipersiapkan secara maksimal. 

"Oktober-November kan intensif sekali agenda internasional. Bulan depan ada IMF-WB, ini peluang emas untuk menigkatkan persepsi dan citra Indonesia di mata pasar," kata Thomas di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Selasa, 18 September 2018. 

Baca juga: Persiapan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Sudah 94%

Selain IMF-WB, Indonesia juga akan menghelat KTT ASEAN, G20, APEC, dan Asia Summit. Pertemuan internasional tersebut jadi momentum bagi RI untuk memperkenalkan ladang investasi kepada investor dunia.

Di pertemuan itu, jelas Thomas, pemilik modal bisa langsung mencari tahu potensi investasi yang ada di Indonesia. BKPM dipastikan bakal menawarkan proyek-proyek menarik.

"Tadi kita bicara strategi dan taktik komunikasi untuk mencoba mengangkat sentimen pasar terhadap rupiah, mungkin juga sedikit komunikasi dengan fund manager, dengan pengelola uang dari Amerika Serikat, Eropa, dan Asia," bebernya. 

Baca juga: Pemerintah Berhemat Rp300 Miliar di Acara IMF-Bank Dunia

BKPM menargetkan realisasi investasi tahun ini sebesar Rp765 triliun. Realisasi investasi sepanjang semester pertama 2018 tercatat mencapai Rp361,6 triliun yang berasal dari penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN). 




(HUS)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

6 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA