Pelaku Usaha Butuh Edukasi Lebih soal Perizinan via OSS

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 09 Aug 2018 17:25 WIB
Pelaku Usaha Butuh Edukasi Lebih soal Perizinan via OSS
Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono. Medcom/Eko.

Jakarta: Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang perekonomian menilai layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE) atau sistem Online Single Submission (OSS) belum dimanfaatkan secara online. Padahal dengan sistem online, seharusnya perizinan bisa dilakukan di mana saja.

Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono mengatakan banyaknya antrean pelaku usaha yang mengurus izin lewat sistem OSS di Kemenko Perekonomian membuktikan mindset yang belum berubah. Untuk itu dibutuhkan edukasi yang lebih kepada para pelaku usaha.

"Pemahaman stakeholder termasuk pelaku usaha ini masih membutuhkan waktu untuk mengubah mindset bisnis proses lama ke yang baru dengan sistem online seperti OSS ini," kata dia di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan, para pelaku usaha masih berpikir pengurusan izin harus bertatap muka bukan secara online. Namun sisi baik daripada itu,  sudah banyak menarik minat investor untuk mengetahui proses perizinan yang dilakukan melalui sistem OSS.

"Mereka bawa komputer sendiri, akses wifi di sini, apply-nya di sini sebenarnya dari perusahaan sama saja. Sisi positifnya respons mereka cukup bagus sehingga kadang belum perlu perpanjangan izin ingin mencoba dulu OSS," jelas dia.

Sementara itu, tantangan lainnya adalah cakupan OSS yang terlalu besar melibatkan Kementerian/Lembaga hingga Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, sistem OSS masih perlu disempurnakan berdasarkan berbagai masukan.

"Peran DPMPTSP untuk tetap melakukan pelayanan perizinan akan kita fokuskan ke pengawasan pemenuhan komitmen. Kita juga perlu integrasi ke sistem perizinan K/L dan (pemerintah) daerah. Sebagian sistem di K/L masih memerlukan interface dengan sistem OSS," pungkasnya.
(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA