Lima Tahun Menjabat, Anies-Sandi Bidik Turunkan Kemiskinan 1%

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 06 Jan 2018 17:27 WIB
kemiskinankesenjangan sosial
Lima Tahun Menjabat, Anies-Sandi Bidik Turunkan Kemiskinan 1%
Ilustrasi. (FOTO: Antara/Hafidz Mubarak)

Jakarta: DKI Jakarta memang menempati urutan terbuncit dalam capaian kemiskinan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Data BPS menyebutkan dari 34 provinsi di Tanah Air, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan angka kemiskinan terendah yakni 3,78 persen di September 2017.

Namun, patut diketahui, angka tersebut mengalami peningkatan 0,01 persen dibanding data Maret 2017 yang sebesar 3,77 persen.

Hal tersebut pun menjadi fokus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dalam lima tahun masa pemerintahan dirinya bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, angka kemiskinan ditargetkan mengalami penurunan satu persen.

"Selama lima tahun ke depan, kita akan turunkan angka kemiskinan dari 3,7 persen jadi 2,7 persen. Jadi satu persen dalam lima tahun," kata Sandi ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu, 7 Januari 2018.

Selain mengatasi kemiskinan, Pemprov DKI juga fokus membenahi angka ketimpangan di ibu kota. Data BPS menyebutkan DKI menempati posisi ke empat dengan tingkat ketimpangan atau kesenjangan terbesar.

Angka gini ratio DKI berada pada posisi 0,409 atau lebih tinggi dibanding angka rata-rata nasional yang sebesar 0,391. Sandi bilang Pemprov memiliki strategi untuk menangani tingkat ketimbangan di kota metropolitan itu.

"Kita akan gempur strategi kita melalui intervensi-intervensi pemerintah, karena masalah-masalah pengangguran kemiskinan dan ketimpangan ini menjadi hal yang sangat esensial di ibu kota," tandas dia.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA