Kementan Kucurkan Bantuan Rp100 Miliar

Petani di Barito Utara Diminta Fokus Tanam Jagung

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 15 Nov 2017 09:24 WIB
berita kementan
Petani di Barito Utara Diminta Fokus Tanam Jagung
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto:Dok.Kementan)

Barito Utara: Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan Rp100 miliar kepada petani di Barito Utara, Kalimantan Tengah. Bantuan diserahkan langsung oleh Amran saat menghadiri panen jagung di Desa Batu Raya I, Kecamatan Gunung Timang, Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Amran meminta agar bantuan digunakan petani untuk menanam jagung di lahan seluas 50 ribu hektare. "Saya sudah lihat dari udara tadi dengan Gubernur, ketika mau kesini," kata Amran dalam keterangan tertulis, Rabu 15 November 2017.

Saat berdialog dengan Petani Kabupaten Barito Utara, Amran menanyakan apakah berbagai bantuan yang sudah diterima dapat membantu usaha, petani pun serempak menjawab, "Iya." Tak hanya itu, petani juga dibantu dengan harga jual jagung yang cukup tinggi di tingkat petani, sekitar Rp3 ribu hingga Rp3.200/ per kilogram.

Mendengar jawaban petani, Amran mengaku senang. Dia menyebutkan, semua itu dilakukan oleh pemerintah demi untuk menyejahterakan rakyat, khususnya petani.

"Bapak Presiden Joko Widodo yang perintahkan semua ini untuk petani Indonesia. Jangan pernah sakiti petani, itu pesan Bapak Presiden," kata Amran.

Mengakhiri sambutan dan dialognya, Amran meminta seluruh aparatur daerah melalui Forkopimda agar bersinergi mengawal kegiatan yang difokuskan kepada petani dan masyakat ekonomi lemah.

Turut hadir pada acara panen jagung tersebut Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Anggota Komisi IV DPR RI dapil Kalteng Hamdani, dan Bupati Kabupaten Barito Utara Nadalsyah.

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat. Menurutnya, bantuan ini akan jadi pelecut petani di Barito Utara meningkatkan produksi.

"Sejak beberapa waktu belakangan harga karet turun, petani berpindah menanam jagung, dan semua merasa puas. Bahkan saat ini, petani Barito sudah bisa jalan-jalan dan berbelanja perhiasan," ujar Nadalsyah.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dalam sambutannya meminta semua aparatur pimpinan daerah bersungguh-sungguh bekerja sama untuk rakyat. Dia juga meminta agar alat mesin pertanian bantuan Kementerian Pertanian jangan sampai tidak dimanfaatkan.

"Jangan sampai menganggur, alat pertanian ini harus segera dioptimalkan di lahan petani," kata Sugianto.


(ROS)