Negara G20 Khawatir Proteksionisme Trump Timbulkan Perang Dagang

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 22 Mar 2018 22:37 WIB
pedagang kaki lima (pkl)
Negara G20 Khawatir Proteksionisme Trump Timbulkan Perang Dagang
Menteri Keuangan Sri Mulyani (AFP).

Jakarta: Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan kebijakan proteksionisme yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjadi perhatian negara anggota G20.

Hal tersebut ia sampaikan usai menghadiri pertemuan  Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 yang dilaksanakan di Buenos Aires, Argentina pada 19-20 Maret 2018.

"Fokus perhatian dari banyak negara G20 adalah kecenderungan kebijakan ekonomi yang proteksionis dan berorientasi ke dalam," kata Ani seperti dikutip, Kamis, 22 Maret 2018.

Ani mengatakan proteksionisme menjadi pembahasan dalam forum tersebut karena banyak negara anggota khawatir apabila kebijakan proteksionisme dengan menaikkan tarif bea masuk baja dan aluminium bakal memunculkan adanya perang dagang antarnegara.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, semua negara G20 diharapkan terus menjaga momentum pemulihan ekonomi dengan terus menjaga kebijakan fiskal dan moneter yang supportive namun tetap sustainable, dan terus menjalankan reformasi yang penting untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan daya saing ekonomi.

Lebih jauh dia mengatakan, Indonesia juga terus melakukan kebijakan ekonomi dan reformasi yang bertujuan untuk terus memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan lebih merata denganmemperbaiki kebijakan untuk meningkatkan invetasi dan ekspor dan menjaga daya beli masyarkat, serta fokus pada investasi sumber daya manusia.


(SAW)