Pelabuhan Kuala Tanjung Tunggu Uji Kelayakan Tahap II

Kautsar Widya Prabowo    •    Rabu, 14 Feb 2018 21:30 WIB
kemenko maritimrevitalisasi pelabuhan
Pelabuhan Kuala Tanjung Tunggu Uji Kelayakan Tahap II
Ilustrasi. (FOTO: Septianda)

Jakarta: Direktur Kepelabuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Chandra Irawan mengatakan progres pelabuhan hubungan internasional Kuala Tanjung, Sumatera Utara sedang menunggu uji kelayakan atau feasibility study (FS).

"Kita masih membuat dan mempersiapkan FS, sekarang masih dikaji oleh Pelindo," ujar Chandra, usai menghadiri rapat dengan CEO Port of Rotterdam Rene Van Der Plas, di Gedung Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2018.

Pemerintah juga bekerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah membuat enam skenario pembangunan, di mana satu skenario sedang dalam tahap pembahasan. Bersamaan dengan itu Pengelola Port of Rotterdam berencana berinvestasi di pelabuhan tersebut, namun masih menunggu uji kelayakan.

"Nilai investasi masih dihitung karena FS masih berjalan. Oleh sebab itu kita enggak bisa memperkirakannya," tambah Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I Iman A Sulaiman.

Menurut dia, hasil dari FS akan keluar tiga pekan mendatang. Sementara pembangunan tahap dua harus diulang karena belum tuntas.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengoperasian Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai hub internasional harus digenjot untuk meningkatkan kapasitas infrastruktur pelabuhan, sehingga layanan logistik lebih efisien dan kompetitif.

Ke depannya, pengoperasian Pelabuhan Kuala Tanjung dan Pelabuhan Tanjung Priok yang keduanya merupakan hub internasional akan saling bersinergi.

Budi menilai Pelabuhan Tanjung Priok dijadikan sebagai hub internasional karena potensi barang di Pulau Jawa sangat banyak, sehingga dibutuhkan pergerakan barang yang cepat.


(AHL)