Lahan Pasang Surut di Kalsel Bernilai Puluhan Triliun

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 10 Feb 2018 18:51 WIB
berita kementan
Lahan Pasang Surut di Kalsel Bernilai Puluhan Triliun
Mentan Amran Sulaiman saat panen raya di Kudus.

Banjarmasin: Kementerian Pertanian (Kementan) akan memanfaatkan lahan rawa pasang surut di Kalimantan Selatan untuk pertanian. Luas lahan rawa pasang surut di Kalimantan Selatan (Kalsel) diperkirakan 100 ribu hektare (ha).

Mentan Andi Amran Sulaiman melihat potensi produksi yang besar jika lahan tersebut dimanfaatkan maksimal. Nilai produksi dari luas lahan tersebut diperkirakan mencapai puluhan triliun.

"Kalau ini berproduksi tiga kali per tahun, bisa menghasilkan Rp72 triliun. Ini luar biasa," kata Amran di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu, 10 Februari 2018.

Ke depan, ia ingin bersinergi dengan berbagai pihak termasuk Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dalam pemanfaatan lahan pertanian di Kalimantan Selatan. Ia yakin Kalimantan Selatan mampu memberikan kontribusi besar bagi pertanian nasional.

Pemanfaatan lahan pertanian secara maksimal memang sangat penting, khususnya bagi para petani di Provinsi Kalimantan Selatan. Ketua HKTI Kalimantan Selatan Rifqinizamy Karsayuda mengatakan para petani di Kalimantan Selatan sering mendapatkan lahan kecil.

"Kalau lahan kecil tidak bisa mensejahterakan petani," ujar Rifqinizamy.

Beberapa petani mendapatkan lahan besar karena bantuan dari TNI Angkatan Udara dan TNI Angkatan Darat. Harapannya, bantuan tersebut mensejahterakan petani Kalimantan Selatan dan menjadi penggerak roda perekonomian daerah.

"Komitmen TNI AU dan AD, kedua institusi meminjamkan ribuan aset untuk digunakan sebagai lahan pertanian, lalu dikelola HKTI," tuturnya.


(TRK)