Menperin: Jangan Mengkhawatirkan Revolusi Industri 4.0

   •    Rabu, 07 Mar 2018 20:05 WIB
revolusi industri
Menperin: Jangan Mengkhawatirkan Revolusi Industri 4.0
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto meminta masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan revolusi industri 4.0 karena justru memberi kesempatan untuk Indonesia berinovasi.

"Jadi dengan revolusi industri keempat ini, industri kembali menjadi mainstream pembangunan," kata Airlangga ditemui di Kemenko Kemaritiman Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 7 Maret 2018.

Revolusi industri 4.0 yang fokus pada pengembangan ekonomi digital dinilai menguntungkan bagi Indonesia. Pasalnya, kunci utama pengembangan ekonomi digital adalah pasar dan bakat.

"Dua-duanya Indonesia punya. Kita punya universitas di ASEAN terbanyak. Kebetulan sumber daya manusia kita juga masuk era emas karena banyak generasi muda. Peluang ini yang harus kita dorong," jelasnya.

Airlangga menambahkan revolusi industri 4.0 seharusnya lebih mudah dihadapi Indonesia yang telah menghadapi revolusi industri 3.0 di mana otomatisasi dan robotik telah banyak dilakukan.

Ketua Umum Partai Golkar itu menuturkan revolusi industri 4.0 yang berbasis data dan kecerdasan artifisial tidak akan mengurangi lapangan kerja bagi masyarakat.

Menurut dia, saat ini otomatisasi telah terjadi di sejumlah industri seperti tekstil, otomotif hingga petrokimia guna mendorong efisiensi pekerjaan.

"Jadi pelaksanaan industri 4.0 di tekstil itu tidak mengurangi tenaga kerja, hanya meningkatkan efisiensi. Jadi tenaga kerja tidak akan berkurang," pungkas dia.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA