Rumania Berminat Bangun Pabrik Sabun di Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 13 Oct 2017 18:52 WIB
indonesia-rumania
Rumania Berminat Bangun Pabrik Sabun di Indonesia
Mendag Enggartiasto Lukita. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu)

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan ada minat perusahaan asal Rumania membangun pabrik sabun di Indonesia. Minat ini didukung dengan tingginya permintaan sabun di negara-negara Eropa.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, Rumania memang membutuhkan beberapa komoditas dari Indonesia seperti minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO), sabun, kosmetik, dan beberapa bahan kimia.

"Di luar itu beberapa komoditas yang mereka cari untuk mereka kembangkan, termasuk CPO kita, mereka juga ada sabun, kemudian konsmetik, dan produk-produk kimia lain," kata Enggartiasto di ICE BSD, BSD City, Tangerang, Jumat 13 Oktober 2017.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengungkapkan, selama ini Rumania memang melakukan impor cukup banyak. Berdasarkan data Trademap pada 2016 nilai ekspor Indonesia ke Rumania untuk komoditas sabun, zat aktif permukaan, dan zat puncuci sekitar USD767 ribu. Hal ini menjadi peluang untuk memasarkan produk sabun Indonesia ke negara Eropa.

Namun, dalam memasarkan ke pasar Eropa, perlu ada standarisasi tersendiri, maka pertemuan dengan pemerintah dan delegasi bisnis hari ini membahas kemungkinan peluang membangun pabrik di sini dengan mengajak produsen-produsen kecil.

"Pokoknya dia rencananya mau memproduksi sendiri di sini karena harus sesuai standar Eropa. mungkin yang dia temui, dia tertarik dengan produsen yang kecil-kecil, bukan yang besar-besar," pungkas dia.

 


(AHL)