Inflasi DKI Jakarta Diprediksi Naik di Desember

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 05 Dec 2017 11:00 WIB
inflasibank indonesiaekonomi daerah
Inflasi DKI Jakarta Diprediksi Naik di Desember
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DKI Jakarta memperkirakan inflasi pada Desember 2017 di DKI Jakarta akan meningkat sesuai dengan polanya. Hal ini sebagaimana memerhatikan pola perkembangan harga-harga di pasar-pasar di Jakarta hingga akhir November 2017.

"Masuknya Hari Natal dan Tahun Baru 2018 menjadi faktor pendorong permintaan, terutama untuk komoditas yang tergabung pada kelompok inflasi inti," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Doni P. Joewono, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 5 November 2017.

Kenaikan ini terjadi antara lain pada kelompok makanan jadi dan sandang, serta kelompok administered prices terutama komoditas transportasi. Kelompok volatile food juga perlu terus diwaspadai, terutama terkait distribusi pangan di Jakarta yang dapat terganggu oleh faktor cuaca.

Dirinya menambahkan, dinamika harga-harga di Jakarta dapat memengaruhi kinerja kestabilan harga secara nasional, mengingat cukup besarnya peran Jakarta dalam perkembangan inflasi nasional. Hal ini tampak jelas dalam perkembangan harga pangan.

"Harga pangan DKI Jakarta telah menjadi barometer pergerakan harga pangan nasional, sehingga sangat penting mengendalikan harga pangan di Jakarta. Tercapainya kestabilan inflasi di Jakarta akan mendorong pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jakarta secara khusus, dan nasional secara umum," jelas dia.

Pada November 2017, BI Kantor Perwakilan DKI Jakarta mencatat inflasi sebesar 0,08 persen (mtm). Pencapaian ini lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional sebesar 0,20 persen (mtm), maupun rata-rata tiga tahun sebelumnya sebesar 0,60 persen (mtm).

Dengan perkembangan ini, tekanan inflasi DKI Jakarta menjelang akhir tahun masih terkendali dengan laju inflasi sebesar 3,05 persen (ytd) atau 3,33 persen (yoy). Stabilnya inflasi juga didukung oleh deflasi kelompok volatile food dan terjaganya inflasi inti dan administered prices.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA