Bulog Papua Pastikan Stok Beras 2016 Aman

   •    Rabu, 30 Nov 2016 13:00 WIB
stok berasbulog
Bulog Papua Pastikan Stok Beras 2016 Aman
Ilustrasi (MI/PALCE AMALO)

Metrotvnews.com, Jayapura: Manajemen Bulog Divisi Regional Papua memastikan stok beras hinga akhir 2016 dalam kondisi aman dan mampu memenuhi kebutuhan di Papua dan Papua Barat. Pada titik ini, masyarakat daerah setempat diminta tidak khawatir bila ada isu kelangkaan karena stok dalam kondisi mencukupi.

"Stok untuk ketahanan pangan di Papua pada umumnya, dan Jayapura khususnya, sangat aman untuk 3,5 bulan. Secara regional, stok cukup untuk tahun ini," ujar Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Divre Papua Ibrahim Wairoy, seperti dikutip dari Antara, di Jayapura, Rabu (30/11/2016).

Ia mengungkapkan, sejak pertengahan November 2016, pihaknya sudah menghentikan pengiriman beras dari Surabaya karena stok yang ada dianggap sudah cukup dan ketersediaan gudang penampungan terbatas.

Baca: Bulog Bondowoso Sebut Stok Beras Aman hingga 2017

"Perhitungan kita stok yang ada cukup tahun ini. Jadi kita sudah hentikan pengiriman dari Surabaya. Di sini stok kita ada 12.000 ton," kata dia.

Ibrahim menyebut penyaluran stok beras ke wilayah pegunungan tengah Papua telah teratasi sehingga pada perayaan Natal 2016 tidak akan ada masalah penyediaan beras. "Untuk daerah pegunungan stoknya aman menjelang Natal. Jadi biasanya setiap tahun ada masalah kekosongan stok karena masalah suplai dari luar ke sini, tapi tahun ini stok cukup banyak," tegasnya.

Baca: Ketahanan Stok Beras Sulteng Sampai April 2017

Kehandalan stok beras Bulog pada 2016 tidak lepas karena jumlah panen di sentra-sentra produksi beras sedang bagus. Termasuk juga dengan gencarnya program peningkatan produksi pangan yang dilakukan pemerintah pusat.

 


(ABD)