BI Melayani Penukaran Uang di Daerah Terpencil

   •    Sabtu, 18 Mar 2017 13:51 WIB
bank indonesia
BI Melayani Penukaran Uang di Daerah Terpencil
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Cilacap: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) melayani penukaran uang lusuh atau rusak dengan uang baru di Desa Ujungalang yang merupakan salah satu daerah terpencil di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Selain melayani penukaran uang, dalam kegiatan yang digelar di halaman Sekolah Dasar Negeri Ujungalang 03, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 18 Maret 2017.

Petugas dari KPw BI Purwokerto juga menyosialisasikan ciri-ciri keaslian uang rupiah maupun ciri-ciri uang rupiah tahun emisi 2016 kepada warga yang bermukim di kawasan laguna Segara Anakan itu. Bahkan, petugas dari KPw BI Purwokerto mendatangi beberapa rumah warga untuk menawarkan penukaran uang lusuh atau rusak yang mereka miliki dengan uang baru.

Kehadiran tim dari KPw BI Purwokerto disambut warga dengan antusias terutama yang ingin menukarkan uang. Salah seorang warga, Warsinah mengatakan belum pernah memiliki uang rupiah tahun emisi 2016 meskipun sering mendengar kabar mengenai uang tersebut.




"Warga di sini juga belum ada yang memiliki uang baru tersebut," tambah pemilik warung jajanan itu.

Oleh karena itu, dia menukarkan uang sebesar Rp150 ribu dengan beberapa pecahan uang rupiah tahun emisi 2016.

Kepala Desa Ujungalang Jarwo menyambut baik kegiatan yang digelar KPw BI Purwokerto. Menurut dia, warga Desa Ujungalang belum mengetahui secara langsung uang rupiah tahun emisi 2016.

"Saya saja belum tahu. Baru hari ini tahu," katanya.




Sementara itu, Deputi Kepala KPw BI Purwokerto Fadhil Nugroho mengatakan pihaknya meyakini di Desa Ujungalang banyak uang lusuh atau rusak karena sirkulasinya terbatas. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menyelenggarakan layanan penukaran uang dan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah termasuk ciri-ciri uang rupiah tahun emisi 2016 di Desa Ujungalang.

"Kami ingin uang yang bersih (uang baru) beredar sampai ujung, daerah terpencil pun. Kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan ciri-ciri keaslian uang rupiah maupun ciri-ciri uang rupiah tahun emisi 2016," tegasnya.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut, pihaknya membawa uang rupiah tahun emisi 2016 sebanyak Rp200 juta untuk melayani penukaran dari masyarakat. "Berapa pun jumlah uang yang akan ditukarkan, kami tetap layani," ujarnya.

Selain layanan penukaran uang dan sosialisasi, kata dia, pihaknya juga menyalurkan bantuan untuk Desa Ujungalang.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

12 hours Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA