OJK Resmikan Forum Pakar Fintech

Desi Angriani    •    Jumat, 16 Jun 2017 15:54 WIB
ojkfintech
OJK Resmikan Forum Pakar Fintech
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan meresmikan terbentuknya Forum Pakar FinTech (FinTech Advisory Forum) Indonesia di Gedung Bursa Efek Indonesia.

Forum tersebut dibentuk sebagai wadah pengembangan arah industri FinTech, yang akan memfasilitasi dan memastikan koordinasi antarlembaga, kementerian, dan pihak-pihak terkait berjalan lancar dan konstruktif.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad berharap pembentuka Forum Pakar FinTech dapat memberikan dampak positif pada iklim bisnis industri jasa keuangan.

"Forum Pakar FinTech dibuat seperti rumah tumbuh, yang keanggotaannya bisa bertambah sesuai lingkup topik permasalahan yang akan dibahas bersama," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat 16 Juni 2017.

Adapun tugas Forum Pakar Fintech antara lain mendiskusikan isu-isu terkait FinTech yang sedang berkembang serta memfasilitasi koordinasi antar lembaga dan kementerian, serta pihak-pihak terkait, memastikan peran serta antara kementerian/lembaga terkait dengan pelaku start-up FinTech.

Forum Pakar FinTech ini beranggotakan individu-individu yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Selain itu juga dari Badan Ekonomi Kreatif, Bursa Efek Indonesia, Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Asosiasi Fintech Indonesia, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI), Universitas Indonesia; dan Institute Teknologi Bandung.

 


(AHL)