Bank Muamalat dan HK Realtindo Kerja Sama Supply Chain Financing Rp125 Miliar

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 17 Jun 2017 20:14 WIB
bank muamalat
Bank Muamalat dan HK Realtindo Kerja Sama <i>Supply Chain Financing</i> Rp125 Miliar
Bank Muamalat dan HK Realtindo Kerja Sama Supply Chain Financing Rp125 Miliar. (FOTO: dok Muamalat)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero), PT HK Realtindo menandatangani perjanjian kerja sama supply chain financing sebesar Rp125 miliar. Kerja sama ini merupakan upaya Bank Muamalat meningkatkan pembiayaan korporasi.

"Bank Muamalat ingin terus meningkatkan pembiayaan korporasi dengan langkah-langkah yang prudent. Melalui kerja sama dengan HK Realtindo ini, kami bisa melakukan diversifikasi risiko pembiayaan kepada para selected supplier yang telah direkomendasikan oleh anchor," kata Direktur Korporasi Bank Muamalat, Indra Y. Sugiarto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu 17 Juni 2017.

Dengan adanya kerja sama supply chain financing antara Bank Muamalat dan HK Realtindo, Bank Muamalat akan memberikan pembiayaan kepada para mitra usaha atau supplier yang terkait dalam proyek dan telah direkomendasikan oleh HK Realtindo yang bertindak sebagai anchor.

Bagi para mitra usaha atau supplier HK Realtindo, kerjasama ini akan membantu arus kas dengan mempercepat penerimaan pembayaran atas tagihan pekerjaan proyek milik HK Realtindo. Bank Muamalat akan memberikan talangan kepada supplier dengan akad qardh atas tagihan tersebut.

Melalui kerja sama ini, Bank Muamalat mendapatkan informasi menyeluruh dari supplier dan anchor sehingga risiko informasi asimetris dalam pemberian fasilitas pembiayaan bisa terminimalisir. Kerja sama ini juga membantu mempercepat proses akuisisi nasabah baik korporasi maupun komersial yang otomatis meningkatkan portfolio Bank Muamalat.

"Dengan demikian kami bisa meminimalisir risiko double financing terhadap underlying dokumen yang sama. Dengan adanya kerja sama ini, Bank Muamalat mendapatkan kepastian dari Anchor," jelas Indra.

Kerja sama ini memperkuat positioning Bank Muamalat di industri perbankan syariah Indonesia. Sekaligus ini merupakan bukti, Bank Muamalat mendukung penuh pertumbuhan ekonomi Indonesia, melalui pembiayaan di sektor properti dan infrastruktur.


(AHL)