Ketahanan Stok Beras Sulteng Sampai April 2017

   •    Senin, 28 Nov 2016 09:52 WIB
stok berasbulog
Ketahanan Stok Beras Sulteng Sampai April 2017
Ilustrasi (MI/PALCE AMALO)

Metrotvnews.com, Palu: Kepala Perum Bulog Sulawesi Tengah Maruf menjamin ketahanan stok beras di gudang Bulog saat ini selama lima bulan ke depan yakni hingga April 2017. Untuk itu, masyarakat setempat tidak perlu merasa khawatir dengan adanya isu kelangkaan.

"Kami masih punya stok beras di gudang sekitar 21.000 ton," kata Maruf, seperti dikutip dari Antara, di Palu, Senin (28/11/2016), seraya menambahkan bahwa persediaan beras sebanyak itu, kata Maruf, sebagian besar hasil pengadaan Bulog dari petani di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng pada musim panen 2016 ini.

Beras hasil pembelian Bulog dari petani disiapkan untuk memenuhi kebutuhan penyaluran rastra bagi Rumah Tangga Sasaran (RTS), mendukung kegiatan operasi pasar, pasar murah dan cadangan bencana alam. Kegiatan pengadaan beras di Sulteng hingga kini masih terus berjalan sampai akhir Desember.

"Target pengadaan Bulog tahun ini sebanyak 40.000 ton dan relialisasi sampai sekarang ini sudah berkisar 15.000 ton," tuturnya.

Maruf menambahkan, selain beras, Bulog juga menyediakan stok gula pasir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui Rumah Pangan Kita (RPK). Bulog menjual gula dan beras kepada sahabat RPK dan RPK menjual kembali debgan harga yang telah ditetapkan pemerintah.

"Bulog mengalokasikan beras dan gula untuk kegiatan pasar murah yang akan dilaksanakan Pemprov Sulteng menjelang natal dan tahun baru," pungkasnya.

 


(ABD)