OJK Resmikan Layanan Keuangan Masyarakat Bank Sinarmas

Angga Bratadharma    •    Jumat, 08 Jan 2016 11:42 WIB
ojkbank sinarmas
OJK Resmikan Layanan Keuangan Masyarakat Bank Sinarmas
Ketua DK-OJK Muliaman D Hadad (AFP PHOTO/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperluas jangkauan pelayanan industri keuangan ke pedesaan dan daerah terpencil dengan meresmikan Layanan Keuangan Masyarakat Bank Sinarmas di Desa Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Layanan Keuangan Masyarakat Bank Sinarmas terdiri dari program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Bank dalam rangka Keuangan Inklusif), program Laku Mikro (Layanan Keuangan Perbankan, Reksadana Mikro dan Asuransi Mikro) serta Simpanan Pelajar (Simpel).

Ketiga program ini merupakan program inisiatif OJK sebagai bagian dari Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) untuk mewujudkan industri jasa keuangan yang lebih inklusif dan kontributif terhadap kesejahteraan masyarakat luas, khususnya masyarakat di pedesaan dan daerah terpencil.

"Perlu perhatian lebih untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap hasil-hasil pembangunan, termasuk juga akses terhadap sumber-sumber pembiayaan dan layanan keuangan khususnya masyarakat kurang mampu dan tidak terjangkau layanan keuangan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, dalam keterangannya, yang diterima di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Program Laku Pandai menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana dan mudah dipahami, murah, aman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang saat ini belum terjangkau layanan keuangan, yang diharapkan dapat meningkatkan layanan perbankan, hingga menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang unbanked.

Produk Laku Pandai berbasis tabungan atau Basic Saving Account tanpa biaya administrasi yang diharapkan produk tabungan ini selain mendidik masyarakat untuk mengenal produk dan layanan jasa keuangan, juga mendorong masyarakat untuk terbiasa menabung dan menjadi salah satu jembatan penting dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat.

Untuk produk Laku Mikro, masyarakat juga dimungkinkan untuk dapat membeli produk keuangan mikro lainnya seperti asuransi mikro. Asuransi mikro ini diharapkan dapat membantu masyarakat kecil bertahan saat menghadapi risiko-risiko yang berpengaruh terhadap kelangsungan penghasilannya.

Bank Sinarmas juga menyediakan produk Simpanan Pelajar (SimPel). Tabungan SimPel adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik.

Tabungan SimPel diperuntukkan bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat, yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Pembukaan rekening tabungan Simpel dilakukan melalui kerja sama antara sekolah dengan Bank dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk menumbuhkan budaya menabung sejak dini.


(ABD)