Tiongkok Uji Coba Produk Komoditi Ikan Cakalang

   •    Minggu, 17 Jun 2018 15:00 WIB
perikanan
Tiongkok Uji Coba Produk Komoditi Ikan Cakalang
Illustrasi. Dok;ANT.

Kupang: Kepala Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kupang, Jimmy Elwaren, mengemukakan Tiongkok mulai menguji coba produk komoditi ikan cakalang dari Nusa Tenggara Timur melalui permintaan ekspor pertama sekitar 20 kilogram (kg).

"Permintaan ekspor cakalang dari Tiongkok pada Mei 2018 lalu masih kecil sekitar 20 kg, biasanya permintaan kecil seperti ini untuk uji coba produk," kata Jimmy Elwaren di Kupang dikutip dari Antara, Minggu, 17 Juni 2018.

Ia mengatakan, selanjutnya jika komoditi ikan cakalang yang merupakan primadona produk perikanan dari NTT diminati maka Tiongkok akan meminta dalam jumlah besar.

Jimmy mencontohkan seperti permintaan ekspor komoditas tuna loin dari negeri Tirai Bambu itu pada Maret 2018 hanya 10 kg, kemudian meningkat pada Mei lebih dari 10 ton.

Jimmy menjelaskan, memasuki tahun 2018, permintaan ekspor pertama dari Tiongkok terhadap produk perikanan NTT didominasi gurita beku sebanyak 15,8 ton yang diekspor pada Februari lalu. Selain itu, komoditi tuna loin juga diminati negara tersebut.  

Ia menambahkan, Tiongkok juga mulai uji coba produk cakalang dari NTT, sehingga jika sesuai harapan mereka maka selanjutnya permintaan masuk bisa lebih banyak.

"Jika mereka meminati cakalang dan selanjutnya permintaan banyak maka tentu kami siapkan sesuai kebutuhan negara pembeli seperti halnya ekspor ke negara tujuan lainnya," jelas dia.


(SAW)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

6 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA