Antisipasi Harga Naik, Pemerintah Pasok Ayam Beku ke Pasar

Desi Angriani    •    Senin, 04 Jun 2018 23:27 WIB
telur ayam
Antisipasi Harga Naik, Pemerintah Pasok Ayam Beku ke Pasar
Illustrasi Ayam. Dok : ANT.

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mulai memasok ayam beku ke pasar sebagai langkah antisipasi lonjakan permintaan daging ayam menjelang Idulfitri 2018. Kenaikan harga daging ayam mulai tampak pada inflasi bulanan Mei 2018 yang terhitung 0,21 persen. 

"Sisi suplainya ya kita minta yang besar, pemasok ayam beku sudah mulai masuk di pasar. Seperti yang kita minta," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ditemui seusai acara buka puasa bersama Kadin di Hotel Raffles, Jakarta, Senin, 4 Juni 2018. 

Menurutnya rata-rata volatile food pada bulan lalu aman terkendali yakni pemerintah mampu mengendalikan harga bahan pokok kecuali harga daging ayam. Bila lonjakan di awal bulan bisa diantisipasi, Mendag yakin inflasi Ramadan akan lebih rendah dari 0,21 persen. 

"Hanya daging ayam yang tadi masih belum, kemudian semua rata-rata stabil," imbuh dia. 

Namun demikian, Mendag akan mengevaluasi angka inflasi yang masih belum terjaga di 62 kota di Indonesia. "Kita akan melihat kembali di 62 kota," tegasnya. 

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS)  mengumumkan laju inflasi domestik Mei secara bulanan (month-to-month/MtM) adalah 0,21 persen. Kemudian inflasi tahunan (year-on-year/YoY) adalah 3,23 persen dan inflasi inti secara tahunan di 2,75 persen. 



(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA