Menkeu Dukung Kapal Asing Pencuri Ikan Dimanfaatkan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 11 Jan 2018 13:21 WIB
kelautan dan perikananpenenggelaman kapal
Menkeu Dukung Kapal Asing Pencuri Ikan Dimanfaatkan
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: AFP)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendukung pemanfaatan kapal asing pencuri ikan di lautan Indonesia yang sudah diambilalih secara legal agar lebih memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia.

Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang ingin barang-barang ilegal karena bermasalah dengan hukum bisa menjadi nilai tambah bagi rakyat Indonesia. Namun, dirinya sepakat dengan strategi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang ingin agar nelayan lokal tak dicurangi oleh kapal-kapal asing penangkap ikan dengan cara ilegal. Cara yang dilakukan Susi yakni dengan menenggelamkan kapal tersebut.

"Sebetulnya strategi KKP dan bagaimana instruksi Presiden agar kapal-kapal itu bisa lebih didayagunakan dan yang paling penting aktivitas ekonomi masyarakat, nelayan, dan industri perikanan bisa ditingkatkan," kata Ani, sapaan akrabnya, ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Januari 2018.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara siap menampung apabila kapal-kapal tersebut diputuskan nantinya sebagai aset negara yang harus dikelola dan dimanfaatkan lebih besar lagi.

Baca: Menkeu: Kapal Asing Pencuri Ikan Bisa jadi Aset Negara

"Nanti salah satu keterkaitan saja, kita akan lihat saja apa yang dilakukan Bu Susi dalam menangani kapal-kapal melanggar atau ilegal, bagaimana dalam peraturan penanganannya asetnya kita akan bantu sepenuhnya," tutur dia.

Sebelumnya, dirinya mengatakan kapal asing tersebut sangat bisa dikelola oleh negara sebagai aset  dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat.

"Jika suatu barang yang diambil alih oleh suatu negara melalui suatu proses hukum yang benar dia bisa jadi aset negara, tentu bisa dimanfaatkan bagi kita," kata Ani.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo ingin Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak hanya fokus menenggelamkan kapal pencuri ikan. Jokowi ingin Susi fokus mengurus industri pengolahan ikan.

"Saya sampaikan ke Bu Susi, Bu sekarang konsentrasinya ke industri pengolahan ikan. Terutama yang mendorong untuk ekspor, ikan untuk ekspor. Karena ekspor kita turun. Itu saja," kata Jokowi di Hotel Sahid, kemarin.

 


(AHL)