Percepat Izin Investasi

Penerapan Perizinan Satu Pintu Dipercepat Maret 2018

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 10 Jan 2018 18:12 WIB
Penerapan Perizinan Satu Pintu Dipercepat Maret 2018
Staf Khusus Menko Perekonomian Eka Putra. ANT/Andika Wahyu.

Jakarta: Pemerintah mempercepat pelaksanaan single submission atau perizinan satu pintu dari April menjadi Maret 2018. Hal tersebut ditujukan untuk mendorong percepatan pelaksanaan berusaha.

Staf Khusus Menko Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan awalnya penerapan single submission diterapkan mulai 1 April. Namun dengan percepatan ini maka seluruh perizinan berusaha di kawasan ekonomi dan kawasan industri harus sudah menerapkan pada Maret.

"Mulai Maret akan ada perubahan tata cara, tata kelola perizinan yang namanya single submission," kata Edy di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Januari 2018.

Edy mengatakan sebenarnya uji coba diterapkan di akhir minggu kedua Januari di tiga kabupaten yakni Purwakarta, Palu, dan Batam.

Dengan adanya single submission, para investor yang akan membuka usaha atau mengajukan izin berusaha tak harus datang ke kementerian teknis untuk menyerahkan dokumen. Mereka bisa mendaftar melalui online dengan gadget. 

Tak hanya itu, single submission juga mempercepat proses perizinan yang harus melewati beberapa kementerian teknis sehingga menjadi satu dalam sistem tersebut.

"Contoh kita mau invest pabrik, kadang pabrik di perindustrian minta dokumen fotocopy dan lain-lain, lalu perlu juga pembebasan tanah maka sama Mendag diminta lagi fotocopy-nya sama padahal, lalu kementerian lain diminta lagi. Dengan ini jadi hanya menyampaikan satu copy itu sudah langsung bisa terdistribusi pada semua pihak yang terlibat ekosistem dari perizinan itu mulai Maret tahun ini," jelas dia.



(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA