Program KRPL Bantu Perekonomian Keluarga

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 08 Nov 2017 18:38 WIB
berita kementan
Program KRPL Bantu Perekonomian Keluarga
Program KRPL di Kampung Panyandaan. Foto: Metrotvnews.com/Anggi Tondi Martaon

Metrotvnews.com, Jakarta: Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tidak hanya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan. Program yang dimulai pada 2015 itu juga berdampak baik terhadap perekonomian rumah tangga.

Hal itu disampaikan Desriyani, 25, ibu rumah tangga yang dipercaya sebagai Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Lestari. Setidaknya, anggota KWT tidak perlu mengelurakan biaya membeli sayur dan keperluan dapur, karena bisa diambil langsung di kebun.

"Sehari, biasanya mengeluarkan Rp12 ribu (untuk membeli sayur). Sekarang sudah tidak lagi, karena bisa petik langsung," kata Desri saat menyambut kunjungan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di Kampung Panyandaan, Desa Pandaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 8 November 2017.



Desri menyebutkan, setidaknya ada sekitar 25 jenis sayur dan tanaman lain yang dibudidayakan kelompoknya. Kelompok yang memanfaatkan lahan di pekarangan rumah para anggota itu juga menanam tanaman obat keluarga (toga).

"Ada sekitar 40 jenis tanaman obat keluarga," ujar dia.

Tak hanya meringankan pengeluaran dapur, produk tanaman pertanian yang dikelola KWT juga diminati pasar. Meski tak tentu, selalu ada masyarakat lain yang datang membeli produk pertanian mereka.

"Nanti pemasukannya disimpan di kas kelompok," tandas dia.

Desri menyebut dampak terbesar keberadaan KRPL  adalah bisa membantu anggota KWT Bunga Lestari memenuhi kebutuhan pangan dan mudah dijangkau.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Konsumsi dan Pengembangan SDM Dinas Ketahanan Pangan Jawa Barat Lilis Iryaningsih mengatakan, keberadaan KRPL meningkatkan poin pola pangan harapan (PPH) di Jawa Barat.

"Kalau dulu poin PPH di Jawa Barat hanya di angka 90. Sekarang naik menjadi 94,5 dari poin tertinggi 100," kata Lilis.


(TRK)