BI Babel Dorong Penggunaan Sistem Pembayaran Nontunai

   •    Selasa, 20 Sep 2016 14:54 WIB
transaksi non tunai
BI Babel Dorong Penggunaan Sistem Pembayaran Nontunai
Seorang wanita melintas di dekat logo Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Muntok: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berusaha mendorong masyarakat menggunakan sistem pembayaran nontunai yang dinilai memiliki keunggulan dibandingkan dengan pola konvensional.

"Sistem pembayaran nontunai memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pembayaran tunai, antara lain lebih aman, cepat, mudah, dan efisien," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Babel Bayu Martanto, seperti dikutip dari Antara, di Muntok, Selasa (20/9/2016).

Menurut dia, masyarakat saat ini sudah bisa melakukan sistem pembayaran nontunai, yaitu kliring dan sistem barang nontunai bank lainnya atas izin Bank Indonesia. Ia mengatakan sosialisasi tersebut penting dilaksanakan karena saat ini di sebagian besar daerah di Babel masih menerapkan sistem pembayaran tunai daripada sistem pembayaran nontunai.

Pola pembayaran konvensional di masyarakat dan lingkungan pemerintahan, kata dia, masih tergolong cukup tinggi padahal pola tersebut memiliki banyak kelemahan. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi masyarakat untuk memulai menggunakan uang nontunai dalam bertransaksi.

"Sistem pembayaran nontunai, selain transaksi lebih mudah, cepat, aman, dan efisien, masyarakat juga dapat terhindar dari tindakan pemalsuan uang dan mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan perampokan," tuturnya.

Ia berharap, masyarakat di daerah itu dapat beralih menggunakan sistem pembayaran nontunai yang jelas memiliki beberapa keunggulan. "Kami akan terus menggencarkan sosialisasi di seluruh daerah kabupaten/kota di Provinsi Babel untuk meningkatkan sistem transaksi nontunai," pungkasnya.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA