Mendag Berharap Harga Daging Ayam Naik

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Jun 2017 15:26 WIB
daging ayam
Mendag Berharap Harga Daging Ayam Naik
Ayam. ANT/Aditya Pradana Putra.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan jika harga daging ayam mengalami penurunan yang cukup signifikan. Meskipun mengharapkan tak ada kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran tetapi Kemendag menilai jika penurunan ini terlalu cepat.

"Semua, tolong lah. Jangan kecewa harga tidak naik. Kalau ayam tolong terima karena kasihan peternak, mereka belum kembali kepada harga normal," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 14 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, dalam dua hari terakhir ini harga daging ayam turun tajam. Walau di satu sisi Mendag tak ingin masyarakat kesulitan membeli daging ayam, tetapi dia berharap ada harga yang pas untuk peternak mendapatkan keuntungan.

Selain itu, Kemendag dinilai tidak bisa melakukan intervensi agar harga bisa naik setelah terjadi penurunan ini. Begitu pun jika mereka ingin berkoordinasi bersama dengan Kementerian Pertanian, tak mungkin langsung menaikan harga daging ayam.

"Kalau dia naik justru, kita dengan kementan tidak ada mengintervensi, kita berharap justru ada kenaikan untuk sedikit untuk menutup kerugiannya yang dulu. Kasian peternak kecil yang bangkrut itu banyak, jadi tidak ada soal," jelas dia.

Sekadar diketahui, dikutip dari laman info pangan, harga daging ayam di DKI Jakarta rata-rata mencapai Rp34.125 per ekor atau lebih rendah ketimbang harga tertinggi sebesar Rp45.000 per ekor di Pasar Pademangan Timur.



(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA