AirAsia Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Macau

Desi Angriani    •    Senin, 07 Aug 2017 18:06 WIB
airasia
AirAsia Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Macau
Airasia. Metrotvnews.com/Anggitondi Martaon.

Metrotvnews.com, Jakarta: Maskapai AirAsia secara resmi membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Macau pada 7 Agustus 2017. Pembukaan rute baru ini merupakan penerbangan internasional kelima dari Indonesia.

CEO Grup AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, pembukaan rute Jakarta-Macau untuk memfasilitasi jumlah kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya.

"Ini juga untuk mensukseskan program 20 juta wisatawan di 2019," kata Dendy  dalam acara peresmian penerbangan AirAsia Jakarta-Macau di Bandara Soetta, Tangerang, Senin 7 Agustus 2017.

Dendy menuturkan, penerbangan dari Jakarta ke Macau ini diawali dengan jadwal penerbangan tiga kali seminggu. Kemudian, frekuensi penerbangan akan meningkat menjadi empat kali dalam seminggu pada September mendatang.

Pesawat yang digunakan untuk mengoperasikan rute ini adalah jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi penumpang.

"Penerbangan pertama  frekuensi 3 kali seminggu dan setelah September jadi 4 kali," tuturnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana menambahkan, AirAsia mengkontribusikan 25 persen jumlah wisatawan mancanegara atau 2.37000 orang pada 2016.

Selama ini kendala kementerian pariwisata dalam meningkatkan jumlah wisman akses udara yang minim. Di Indonesia baru 30 persen penerbangan internasional yang membuka rute langsung ke Indonesia.

"Perlu kami sampaikan satu dari empat turis yang  datang ke Indonesia menumpangi AirAsia. Salah satu permasalahan kami mendatangkan wisman adalah akses udara," tuturnya.

Pitana pun optimistis, rute baru Jakarta-Macau akan mendorong peningkatan wisatawan asal Tiongkok. Potensi wisatawan Tiongkok ke Indonesia disebut mencapai 122 juta orang.

"Potensi wisatawan Tiongkok besar," imbuh dia.

Sebelumnya, AirAsia telah membuka penerbangan dengan rute Denpasar-Mumbai (India) pada 19 Mei lalu dengan frekuensi perjalanan tujuh kali seminggu.


(SAW)