Bank Mandiri Siap Implementasikan Pembayaran Nontunai di Gerbang Tol

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 08 Aug 2017 15:48 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Siap Implementasikan Pembayaran Nontunai di Gerbang Tol
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Lucky)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menyatakan siap untuk mengimplementasikan pembayaran nontunai dengan uang elektronik (e-money) di seluruh gerbang tol. Sebagaimana diketahui, seluruh layanan di gerbang tol ditargetkan bisa menggunakan layanan nontunai per Oktober 2017.

Direktur Teknologi dan Digital Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan untuk mengimplementasikan layanan nontunai di gerbang tol, manajemen bakal terus melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia (BI) dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"‎Kita siapkan untuk penjualannya, top up-nya kita masih koordinasi dengan Bank Indonesia (BI) dan operator tol juga," jelas Rico ‎ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Meski ada beberapa perusahaan penyelenggara tol yang belum siap dari segi infrastruktur, sebut Rico, tapi Bank Mandiri bersama perbankan lainnya ‎akan mterus mendorong agar perusahaan penyelenggara tol melakukan pembenahan.

‎"Sore ini ada meeting juga, secara infrastruktur saya rasa sudah siap, jadi nanti tinggal implementasinya bagaimana kita nanti tinggal koordinasi dengan BPJT nya. Secara infrastruktur tinggal eksekusi saja," tutur Rico.

Walaupun demikian, ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat, seperti memberikan informasi dan edukasi ke masyarakat terkait pembayaran di gerbang tol harus sudah menggunakan e-money.

Maka dari itu, dirinya akan melakukan uji coba dalam waktu dekat ini. "Yang susah itu nanti bagaimana kita men-deliver kartunya, dan mengedukasi masyarakat. Berarti sudah siap, dari infrastruktur juga sudah siap, jadi nanti tinggal nanti pembagian kartunya, yang penting edukasi ke masyarakatnya," pungkas dia.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI), industri perbankan, dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan melakukan elektronifikasi transaksi atau penggunaan uang elektronik di jalan tol. Langkah itu dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol.

Pemerintah berencana menerapkan Multi Lane Free Flow (MLFF) atau pembayaran tol tanpa henti (pengguna jalan tol tidak harus menghentikan kendaraan di gerbang tol) pada Desember 2018.

Untuk menuju tahapan MLFF, akan melalui tiga tahapan yakni pada tahap awal akan diberlakukan penggunaan uang elektronik pada semua transaksi di jalan tol pada Oktober 2017, kemudian dilanjutkan integrasi jalan tol dan integrasi jalan tol dengan konsorsium Electronic Toll Collection pada Desember 2017.

 


(AHL)