Menteri Sofyan Pastikan Target Sertifikasi Lahan Terlampaui

Ilham wibowo    •    Selasa, 04 Dec 2018 18:20 WIB
Sertifikasi Lahan
Menteri Sofyan Pastikan Target Sertifikasi Lahan Terlampaui
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Jakarta: Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil memastikan target target tujuh juta sertifikat tanah pada 2018 tercapai. Bahkan, ia optimistis pemberian sertifikat lahan kepada masyarakat jumlahnya bakal melebihi dari pencanangan target.

"Kita target sertifikasi tujuh juta bidang ya, mudah-mudahan kita bisa selesaikan sesuai target," ujar Sofyan ditemui di kantor Menko bidang Maritim, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Percepatan sertifikasi bidang lahan ini telah dicanangkan Presiden Joko Widodo. BPN kini memiliki 9.000 orang juru ukur dari semula hanya 2.000 orang.

Para juru ukur tersebut menyisir setiap bidang lahan di seluruh wilayah Indonesia. Hasilnya, partisipasi masyarakat terhadap program pendaftaran tanah di Indonesia kian meningkat.

Sejak tahun pertama pemerintahan Jokowi-JK, pada 2015, sebanyak 967 ribu bidang tanah berhasil disertifikasi. Pada 2016 jumlahnya naik menjadi 1,17 juta bidang tanah yang disertifikasi.

Sofyan menuturkan bahwa persentase kinerja pencapaian sertifikasi tahun ini bakal serupa dengan tahun sebelumnya di 2017. Dengan estimasi jumlah juru ukur, sebanyak 5,4 juta bidang bisa disertifikasi dari target semula sebanyak lima juta bidang.

"Tahun ini tujuh juta, nanti bisa lebih dari tujuh juta dari angka-angka yang ada tapi tentu tidak semua sertifikat, ada sertifikat, ada tanah setelah kita datang bersengketa, ada yang perlu diselesaikan sengketa dulu baru sertifikat, ada tanah yang kita ukur kemudian pemiliknya tidak ada di tempat dan lain-lain," ungkapnya.

 
(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

16 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA