Hal yang Harus Diperhatikan ketika Pertama Kali Membeli Apartemen

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 05 Oct 2017 11:21 WIB
properti
Hal yang Harus Diperhatikan ketika Pertama Kali Membeli Apartemen
Lokasi strategis menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan sebelum membeli apartemen (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Unsur kenyamanan dan lokasi yang strategis di pusat kota, terutama di Jakarta, menjadi salah satu pertimbangan masyarakat urban dalam membeli apartemen.
 
Bagi Anda yang baru pertama kali hendak membeli apartemen, wajib mempertimbangkan beberapa hal agar tidak merasa salah pilih dan menyesal di kemudian hari.
 
1. Lokasi Strategis
 
Pengamat properti dari Collier International Indonesia Ferry Salanto menjelaskan, lokasi strategis yang dilihat ketika membeli apartemen bukan hanya faktor jarak dari apartemen ke tempat kerja, namun juga akses yang mudah menuju jalan tol  dan ke lokasi transportasi umum. Misalnya, halte bus TransJakarta, dan stasiun kereta commuter line. Perhitungkan juga apabila ada bus yang dapat mengakses langsung menuju bandara dari hunian yang akan dibeli.
 
"Kalau aksesnya bagus, dekat dengan pintu tol dan lokasi tranportasi umum, bisa dipertimbangkan untuk membeli apartemen," ujar Ferry, saat dihubungi Metrotvnews.com, di Jakarta.
 
2. Telusuri Komitmen Pengembang
 
Sebelum membeli, para calon penghuni wajib menelusuri komitmen para pengembang yang membangun apartemen tersebut, baik pengembang lama maupun pengembang baru. Salah satu yang dapat dilihat komitmennya adalah dari progres pembangunan yang terus berlanjut dan juga serah terima yang tepat waktu, atau bahkan meski penjualan belum mencapai 100 persen bangunan tetap dibangun untuk diserahterimakan. Dari sini bisa terlihat bagaimana komitmen pengembang tersebut, apakah mereka berkomitmen dalam mengerjakan proyeknya sesuai jangka waktu yang telah dijanjikan.
 
"Misalnya, janjinya (menyelesaikan proyek) tahun depan, harus tahun depan. Kalau dia mundur, berarti ada sesuatu. Takutnya dijanjikan dibangun, tapi tidak dibangun karena ada masalah dengan perizinan," kata Ferry.
 
3. Perhatikan Konsep dan Cara Bayar
 
Penting untuk memperhatikan konsep hunian yang akan di beli. Apakah hunian yang terintegrasi dalam sebuah kawasan? Atau hunian single living di mana hanya ada bangunan untuk tempat tinggal saja tanpa penunjang gaya hidup lainnya. Tentu akan semakin nyaman apabila tinggal di sebuah kawasan yang sudah terintegrasi segala fasilitasnya.
 
Lihat juga kemudahan cara bayar yang ditawarkan. Sesuaikan dengan cashflow Anda. Cek ada berapa bank yang bekerja sama dengan proyek tersebut. Semakin banyak bank yang bersedia bekerja sama, tentu ini mengidentifikasikan bahwa proyek tersebut prospektif dan kredibel.
 
4. Pertimbangkan untuk Dihuni atau Investasi
 
Pembeli harus mengetahui terlebih dahulu alasan mereka dalam membeli apartemen, apakah untuk kebutuhan tempat tinggal atau invetasi. Jika karena untuk kebutuhan tempat tinggal, biasanya para calon penghuni memiliki dua alasan. Pertama ingin dekat dengan keluarga besar, kedua mungkin si calon penghuni tidak ingin jauh dari rumahnya sehingga lebih mudah mengawasi apartemennya.
 
"Jika memiliki apartemen untuk kebutuhan investasi, calon pembeli tentunya mengharapkan hasil imbal balik yang baik atau return yang cukup. Oleh karena itu, wajib untuk mengetahui harga pasar sewa apartemen dan memastikan harga pasar sewa apartemen di wilayahnya memiliki harga terbaik," jelas Ferry.
 
Calon pembeli unit yang ingin menyewakan apartemen, sebaiknya memilih developer yang mempu memberikan pelayanan lengkap untuk membantu mencarikan penyewa. Apabila developer memiliki team khusus untuk membantu mencari penyewa , maka ini tentu akan sangat membantu Anda. Sebab, developer tidak hanya peduli ketika Anda membeli, namun juga sangat peduli memberikan hasil investasi kepada Anda. Proyek seperti ini dapat dipertimbangkan untuk Anda berinvestasi.


(ROS)