Larangan Ekspor CPO, Lion Air Group akan Boikot Airbus

Desi Angriani    •    Selasa, 10 Apr 2018 21:09 WIB
kelapa sawitcpo
Larangan Ekspor CPO, Lion Air Group akan Boikot Airbus
Lion Air Grup. ANT/Fikri Yusuf.

Jakarta: Lion Air Group mendukung langkah pemerintah untuk memerangi larangan ekspor minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) ke Eropa. Pasalnya, harga CPO kembali mencetak rekor terendahnya dalam tiga bulan terakhir.

Chief Executive Officer (CEO) Lion Air Group Edward Sirait mengatakan dukungan ke pemerintah dapat berupa pemboikotan impor Airbus dari Eropa.

"Mungkin saja. Gini, kita mendorong ekspor negara ini. Sama seperti statement saya yang mengatakan, kita ingin devisa kita untuk perawatan pesawat ini jangan keluar. Apa bedanya? Enggak ada bedanya kan. Kira-kira seperti itu," katanya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa, 10 April 2018.

Hal serupa disampaikan pendiri Lion Air, Rusdi Kirana. Rencana Lion mengembangkan penggunaan bioavtur berbasis sawit sebagai bahan bakar bagi pesawat komersial akan menjadi pukulan telak bagi Eropa. Pasalnya, pesawat airbus milik Lion yang diproduksi di Perancis bakal menggunakan bahan bakar berbasis CPO.

"Bagi negara yang mengenakan pembatasan ekspor bahan bakar terbarukan berbasis sawit, mestinya melihat kalau pesawat udara yang mereka buat ternyata terbang memakai bahan bakar dari komoditas yang justru mereka boikot," ujar Rusdi.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia terus melakukan protes keras sejak Uni Eropa  menggaungkan penghapusan biofuel berbasis kelapa sawit (phase out palm oil based biofuel) pada 2021. Parlemen Eropa  menilai penggunaan minyak sawit sebagai salah satu biofuel berpotensi memberantas hutan.

Uni Eropa tak hanya melarang peredaran minyak sawit mentah dan biodiesel tapi juga seluruh produk turunan yang menggunakan minyak sawit mentah. Hal ini bisa berdampak ke negara pengekspor CPO terbesar di dunia seperti Indonesia dan Malaysia.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA