Bulog Catat Stok Beras Capai 2,2 Juta Ton

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 08 Sep 2018 11:29 WIB
berasstok berasbulog
Bulog Catat Stok Beras Capai 2,2 Juta Ton
Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh (Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Perum Bulog mencatat saat ini stok beras yang dimiliki mencapai 2,2 juta ton. Jumlah tersebut terdiri dari beras impor serta beras pasokan dalam negeri, dan masih mungkin bertambah dengan adanya panen di beberapa daerah.

"Kita memastikan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) aman," tegas Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh, di Pasar Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu, 8 September 2018.

Dirinya menambahkan sampai dengan akhir tahun akan ada tambahan sekitar 300 ribu hingga 400 ribu ton lagi beras yang masuk ke Bulog. Dengan kondisi ini, Bulog memastikan stok beras nasional aman hingga akhir tahun.

"Stok Bulog 2,2 juta ton, kemudian sampai akhir tahun dengan yang akan masuk 2,6 juta ton. Pemerintah akan pantau terus. Jadi posisi sudah menyebar di seluruh gudang di Indonesia dan posisi stok Bulog akan aman," tutur dia.

Menurut Tri Bulog akan terus memantau harga beras di seluruh Indonesia agar tidak mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Selain itu, Bulog juga selalu siap untuk melaksanakan operasi pasar jika dibutuhkan ketika pasokan kekurangan.

Sebenarnya Bulog telah ditugasi menggelontorkan 15 ribu ton beras di operasi pasar. Namun, Tri menyebut, penyerapan dari operasi pasar hanya 1.000 sampai 2.000 ton per harinya karena stok di pasar masih mencukupi.

"Realisasi sampai hari ini sejak Januari ada momen tertentu kita harus waspada, biasanya November-Desember. Secara nasional dari Januari sampai hari ini Bulog sudah gelontorkan 342 ribu ton," pungkasnya.


(ABD)