Bulog Memperbarui Gudang Tingkatkan Pelayanan

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 07 Jun 2018 09:48 WIB
stok berasbulog
Bulog Memperbarui Gudang Tingkatkan Pelayanan
Ilustrasi (MI/SUSANTO)

Jakarta: Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) tengah melakukan peningkatan pelayanan yang salah satunya adalah dengan memperbarui sejumlah gudang yang ada di seluruh wilayah di Indonesia. Langkah ini diharapkan memberi efek positif terhadap laju bisnis di masa-masa mendatang.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso membenarkan saat ini beberapa gudang sedang diperbarui. Salah satu yang dilakukan adalah memperbarui jembatan timbang yang lebih modern di mana jembatan tersebut tersambung dengan jaringan teknologi yang sudah maju.

"Kita dulu punya jembatan timbang yang masih kecil. Saat ini, diwajibkan ada jembatan timbang yang terintegrasi dengan sistem teknologi informasi kita seperti di Gudang Kelapa Gading," ujar Karyawan Gunarso, di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Menurutnya dengan jembatan timbang yang lebih modern memberikan kemudahan dari sisi informasi yang masuk ke dalam sistem ketika ada kendaraan pembawa komoditas Bulog. "Sehingga akan mengurangi proses timbangan manual," tuturnya.

Selain itu, peningkatan layanan lain yang dilakukan adalah memperbarui sistem mobilisasi beras dengan penggunaan mesin pengangkut komoditas. Langkah itu dilakukan guna membantu tenaga manusia yang kini masih sangat diandalkan. Lalu untuk menjaga kualitas akan dilengkapi dengan turbine ventilator.

"Gudang kita dilengkapi dengan mesin pengangkut komoditas untuk mempercepat. Biasanya mobilisasi beras kan menggunakan tenaga manusia, jadi dibantu (dengan meskin) akan lebih cepat," imbuhnya.

Lebih lanjut, masih kata Karyawan Gunarso, Perum Bulog memperkuat pengamanan sejumlah komoditas yang tersimpan di gudang melalui kamera pemantau. Sedangkan sejumlah peningkatan layanan tersebut, Perum Bulog akan menggunakan dana internal. Namun sayangnya, pihaknya enggan merinci berapa besaran jumlah tersebut.

"Ada anggaran dari Bulog sendiri. Tapi nanti lah (untuk rincian besaran anggaran)," tutupnya.

 


(ABD)


Luhut: Gaji Pilot Garuda Indonesia Sudah Besar

Luhut: Gaji Pilot Garuda Indonesia Sudah Besar

11 minutes Ago

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan mediasi antara Serikat…

BERITA LAINNYA