BI Terus Dorong Perbankan Terbitkan Kartu Berlogo GPN

   •    Kamis, 09 Aug 2018 15:04 WIB
perbankanbank indonesiagerbang pembayaran nasional
BI Terus Dorong Perbankan Terbitkan Kartu Berlogo GPN
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Medan: Bank Indonesia (BI) terus berkoordinasi secara intensif dengan industri perbankan untuk mendorong penerbitan dan kesuksesan nasabah dalam penggunaan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN.

"Pemilik nasabah dan kartu debit adalah bank. Jadi mereka yang tahu persis kartu yang harus dikeluarkan. BI hanya berkoordinasi untuk percepatan penerbitan kartu berlogo GPN itu," ujar Asisten Direktur Departement Elektronikfikasi dan GPN BI Rino Is Tryanto, seperti dikutip dari Antara, di Medan, Kamis, 9 Agustus 2018.

Menurut Rino BI memang berharap kartu debit yang dimiliki nasabah dari berbagai perbankan bisa segera berlogo GPN. "Tapi BI menyadari perlu proses. Kita bisa bayangkan berapa jumlah nasabah setiap bank yang ada di seluruh Indonesia," tuturnya.

Oleh karena itu, ujar Rino, tidak bisa ditargetkan tahun berapa semua kartu bisa diganti dengan kartu berlogo GPN. "Target akan sangat membebani pihak bank. Penerbitan kartu GPN itu menjadi pekerjaan rumah bersama," ungkapnya.

Masyarakat sebagai pemegang kartu GPN juga punya andil dalam percepatan dan kesuksesan pergantian kartu. Nasabah, misalnya, diminta melaporkan kalau ada masalah dalam penggunaan kartu berlogo GPN itu.

"Sejauh ini BI belum ada menerima keluhan tentang penggunaan kartu GPN," tuturnya seraya menambahkan bahwa BI pada prinsipnya tidak pernah mewajibkan masyarakat untuk mengganti kartu yang dimilikinya menjadi GPN karena yang memiliki kartu adalah bank.

 


(ABD)