BI Optimistis Ekonomi Bali Menggeliat di Kuartal IV-2016

   •    Senin, 28 Nov 2016 11:02 WIB
bank indonesiaekonomi daerah
BI Optimistis Ekonomi Bali Menggeliat di Kuartal IV-2016
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Karangasem: Bank Indonesia (BI) optimistis pergerakan atau aktivitas ekonomi di Provinsi Bali akan tumbuh menggeliat pada kuartal IV-2016. Hal itu karena optimisme pelaku usaha untuk menggenjot sektor usaha pada periode musim puncak liburan akhir tahun.

"Untuk kuartal keempat kami perkirakan akan tumbuh lebih baik dibandingkan kuartal ketiga yaitu berada pada kisaran 6,04 hingga 6,46 persen," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Causa Iman Karana, seperti dikutip dari Antara, di Rendang, Kabupaten Karangasem, Senin (28/11/2016).

Pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan ketiga mencapai 6,17 persen atau tumbuh melambat dibandingkan dengan triwulan kedua yang mencapai 6,54 persen. Sejumlah indikator membuat optimisme bank sentral dan termasuk dari pelaku usaha seperti musim puncak liburan seperti libur natal dan tahun baru serta musim dingin di sejumlah negara.

Baca: BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi Malut Masih Kecil

Adanya pembebasan visa masuk ke Indonesia kepada 169 negara, lanjutnya, juga turut mendongkrak pariwisata Pulau Dewata yang berkontribusi terhadap ekonomi Bali. Diharapkan kondisi semacam ini bisa terus terjadi dan mendorong pertumbuhan ekonomi Bali.

"Hasil survei menunjukkan optimisme pelaku usaha ke depan terhadap perkembangan perekonomian," kata pria yang akrab disapa 'Pak Cik' itu. Perkembangan positif amnesti pajak dan penurunan suku bunga juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Bali hingga tutup tahun.

Baca: Geliat OJK Bangun Ekonomi Daerah

Sektor pariwisata menjadi sektor ekonomi yang dikontribusikan oleh penyedia akomodasi dan makan minum sebesar 23 persen, pertanian, kehutanan dan periknana sebesar 15 persen, transportasi dan pergudangan sebesar 10 persen serta sektor lain yang terbagi lebih kecil.

 


(ABD)