SMF Berencana Bentuk Unit Usaha Syariah

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 09 Mar 2018 18:44 WIB
sarana multigriya finansial
SMF Berencana Bentuk Unit Usaha Syariah
Ilustrasi. (Foto: MI/Irfan).

Jakarta: PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) berencana membentuk unit usaha syariah pada tahun ini. Saat ini proses pembentukan anak usaha masih dalam tahap pembicaraan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang dinilai memberikan sinyal positif untuk rencana tersebut.

"Kalau lancar mudah-mudahan tahun ini. Prosesnya udah melakukan pembicaraan dengan OJK komunikasi terus," kata Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo di Gedung BEI, SCBD, Jakarta, Jumat, 9 Maret 2018.

Dirinya menambahkan rencana pembentukan unit usaha syariah di SMF untuk melayani sekuritisasi aset dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) syariah. Apalagi minat bank syariah juga dinilai begitu besar dan masih sangat potensial untuk dikembangkan.

Meskipun begitu, dirinya menyebut baru sedikit bank syariah yang menggarap pangsa pasar KPR dibandingkan bank konvensional. Namun ketiadaan layanan pendanaan khusus yang melayani, juga membuat bank syariah kesulitan mengembangkan bisnisnya.

"Bank-bank syariah itu menyalurkan kredit dulu baru nanti dananya diganti SMF. Terkait berapa besar kapasitasnya sangat bergantung pada bank syariah tersebut karena sudah banyak juga bank syariah yang menyalurkan KPR," jelas dia.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, fungsi dari unit usaha syariah SMF juga untuk menyalurkan pinjaman sekunder khusus di bidang perumahan kepada bank-bank syariah. Dengan demikian, diharapkan bisa meningkatkan permodalan bagi bank-bank syariah.

"Kami proses membentuk unit usaha syariah, sebetulnya paralel dengan kegiatan SMF, bukan hanya untuk sekuritisasi. Jadi nanti pembiayaan syariah dan lain-lain lebih intens dan lengkap," pungkasnya.


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

6 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA