Mayoritas Muslim, Ekonomi Syariah RI Diharap jadi Panutan Negara Luar

Amaluddin    •    Jumat, 10 Nov 2017 09:04 WIB
bank indonesiaekonomi syariah
Mayoritas Muslim, Ekonomi Syariah RI Diharap jadi Panutan Negara Luar
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (FOTO: MTVN/Dheri)

Surabaya: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyebut ekonomi syariah Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga. Ini dibuktikan dengan angka pertumbuhan Indonesia yang stagnan di angka lima persen.

"Sementara negara tetangga seperti Malaysia sudah tumbuh mencapai 22 persen. Negara kita tertahan di angka lima persen," kata JK, sapaan akrabnya, dalam acara Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF) 2017 di Grand City Convex, Surabaya, Kamis 9 November 2017.

Menurut JK, lambannya pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia karena pergerakan bank syariah lamban. Sementara di Malaysia terus bergerak cepat. "Kalau di Malaysia sudah menjalankan seluruh sistem keuangan dengan prinsip syariah. Sedangkan di dalam negeri masih tersendat," katanya.

Padahal, kata JK, mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim. Mestinya perkembangan ekonomi syariah di Indonesia jauh lebih pesat dari negara nonmuslim. "Misalnya Inggris, negara yang penduduknya mayoritas bukan muslim justru berkembang pesat," tambah dia.

Untuk itu, Kalla mengimbau agar ISEF tak hanya menjadi sekadar festival yang bersifat seremonial. Namun juga memberikan hasil yang maksimal untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

"Festival (ISEF) ini memberi contoh dan pelajaran, serta mendorong generasi muda untuk menjalankan usaha dengan cara syar'i. Yang paling penting adalah tekad untuk memulai," pungkasnya.

ISEF 2017 merupakan gelaran keempat kalinya. Pada 5 November 2014 alias ISEF pertama, sebanyak 17 pesantren bersama Bank Indonesia, OJK dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendeklarasikan Deklarasi Surabaya. Deklarasi tersebut menjadi semangat mewujudkan Jatim sebagai regional ekonomi syariah terbesar di Indonesia yang mengintegrasiskan sektor keuangan dan riil.

 


(AHL)