Dorong Pertumbuhan UMKM, TCCF Hadirkan 400 Stan Bazar

Cecillia Ong    •    Sabtu, 11 Nov 2017 19:23 WIB
hut trisakti
Dorong Pertumbuhan UMKM, TCCF Hadirkan 400 Stan Bazar
Gelaran Trisakti Creative and Cultural Festival (TCCF) 2017. MTVN/ Cecillia

Jakarta: Trisakti Creative and Cultural Festival (TCCF) 2017 yang digelar selama dua hari yakni 11-12 November 2017 tak hanya menonjolkan budaya, namun juga memajukan usaha kecil menengah (UKM).

Sebanyak 400 tenda bazar didirikan dalam acara tersebut untuk memfasilitasi UKM. Ketua Bidang Acara, Cahaya DR Sinaga, mengatakan TCCF 2017 turut mengambil peran dalam mendorong pertumbuhan UKM. Perguruan tinggi dinilai harus dekat dengan masyarakat melalui dukungan yang diberikan pada usaha kecil menengah ini. 

"Ketika mereka punya produk, tidak ada pasarnya kan kasian. Maka pasar itu kami sediakan melalui bazaar seperti ini," kata Cahaya di Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Sabtu 11 November 2017.

Bazar-bazar tersebut menyajikan berbagai barang dagangan mulai dari pakaian, makanan hingga makanan.


Jajaran stan bazar di TCCF 2017. MTVN/ Cecillia

Cahaya mengatakan UKM masih memerlukan dukungan dari pemerintah setempat. Dukungan dalam bentuk pendanaan juga dapat mendorong perkembangan UKM dalam negeri. 

"Saya lihat UKM itu masih belum terjangkau oleh perbankan. Bagaimana caranya UKM bisa diangkat. Kemudian bisa mendapat akses perbankan, bisa mendapat untung dan dikembalikan dananya, " ujar dia.

Selain bazar, ada juga 17 mobil penjual makanan atau dikenal dengan food truck yang dihadirkan dalam festival perdana tersebut. Food truck tersebut menjual berbagai macam makanan, mulai dari cita rasa lokal hingga barat.


Food truck di TCCF 2017. MTVN/ Cecillia

Partisipan food truck diantaranya mahasiswa, dosen dan juga masyarakat sekitar Jakarta Barat. Total ada tujuh kelurahan yang merupakan bagian dari kecamatan Grogol Petamburan turut berpartisipasi dalam acara tersebut. 

Para alumni Universitas Trisakti pun turut berpartisipasi dengan kreatifitasnya. Cahaya menilai food truck merupakan salah satu wujud dari UKM 'zaman now'.

"Kalau kita bicara soal UKM, kita harus lihat juga UKM jaman modern ini seperti apa. salah satu ekspresi mereka lewat food truck, " jelas dia.

(SCI)