Operasi Pasar Cara Cepat Turunkan Harga Beras Medium

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 07 Jun 2018 18:13 WIB
berasoperasi pasar
Operasi Pasar Cara Cepat Turunkan Harga Beras Medium
Ilustrasi. (FOTO: Aloysius)

Jakarta: Pemerintah tengah mengkaji penurun Harga Eceran Tertinggi (HET) pada beras jenis premium maupun medium. Namun tak mudah untuk mengendalikan harga beras sehingga dibutuhkan cara cepat yakni dengan operasi pasar.

"Satu-satunya itu (menurunkan harga beras) operasi pasar," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Dirinya menjelaskan, pemerintah batal menurunkan HET beras sebagaimana usulan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Darmin menegaskan, operasi pasar menjadi satu-satunya cara menurunkan harga beras dengan cepat.

"Kita sekarang targetnya menegakkan HET saja, ya untuk medium tentu. Kalau (HET beras) premium lain lagi. Dengan operasi pasar, enggak ada cara lain," tegas Darmin.

Sebelumnya, Enggar menjelaskan rencana penurunan HET yang berkisar Rp9.000 sampai Rp9.200, dari HET medium saat ini Rp9.450 per kg, telah melihat skema pasar terlebih dahulu.

"Yang kita lakukan pantauan langsung di pasar tradisional dan beras curah. Apakah pedagang akan disuplai dari Bulog atau mereka memproduksi dari dalam daerahnya," tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan untuk saat ini, dalam kajian penurunan HET, pemerintah terlebih dahulu melakukan penetrasi pasar menggelontorkan beras medium ke seluruh pedagang.

"Kita berkeinginan harga ditarik ke bawah, tapi hasil dari rapat koordinasi pangan tadi, lebih baik mempenetasi pasar dan harga dijual dengan HET," tuturnya.


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA