Pemangkasan Dwelling Time Diperkirakan Turunkan Biaya Logistik

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 21 Sep 2016 14:13 WIB
dwelling time
Pemangkasan <i>Dwelling Time</i> Diperkirakan Turunkan Biaya Logistik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan waktu bongkar muat peti kemas di pelabuhan (dwelling time) di Tanjung Priok menjadi 2,5 hari. Sementara di tiga pelabuhan lainnya di Indonesia, bongkar muat diharapkan bisa dipersingkat menjadi 3,5 hari.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemangkasan waktu bongkar muat diharapkan mengurangi biaya logistik. Upaya ini juga telah didukung oleh aparat penegak hukum baik TNI maupun Kepolisian Republik Indonesia.

"Biaya logistik biasanya akan berbanding lurus dengan waktu, yang penting tidak lewat dari tiga hari dan juga tidak ada pungli di pelabuhan. Karena TNI dan Polri kemarin sudah menangkap beberapa preman di pelabuhan," ujar Budi, di Gedung Karsa, Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016).

Meski demikian, dirinya mengakui jika tidak mudah memangkas waktu bongkar muat, terutama di pelabuhan yang ada di daerah. Sebab proses pre customs clearance di mana peti kemas dibongkar hingga dilakukan pemeriksaan barang memerlukan waktu yang panjang.

"Kalau di Jakarta (Pelabuhan Tanjung Priok) sudah oke, tapi seperti pelabuhan di Medan, Surabaya dan Makassar sulit mencapai 2,5 hari. Kemungkinan kalau di daerah 3,5 hari," lanjut dia.

Dirinya menambahkan, upaya mempersingkat waktu bongkar muat perlu payung hukum yang lebih kuat. Untuk itu akan dibentuk ketentuan waktu bongkar muat menurut Peraturan Presiden (Perpres) serta koordinator untuk membereskan persoalan tersebut.

"PTSP di Menko (Kemaritiman) atau Presiden yang koordinator, tunggu Perpres paling lama dua minggu dan setelah itu memberikan kesempatan satu hari untuk diubah masing-masing departemen," pungkas dia.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA