BI: Transaksi Nontunai di Jatim Baru Terkover 20%

Amaluddin    •    Sabtu, 26 Nov 2016 16:15 WIB
transaksi non tunai
BI: Transaksi Nontunai di Jatim Baru Terkover 20%
Ilustrasi. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).

Metrotvnews.com, Surabaya: Bank Indonesia (BI) mendorong pembayaran uang elektronik di ruas jalan tol seperti Waru-Juanda. Salah satunya dengan meluncurkan pembayaran dengan sistem multikartu untuk menggenjot Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Adapun pengembangan transaksi nontunai di wilayah Jawa Timur sudah terkover mencapai 20 persen.

"Tahun pertama setelah pengembangan ini paling tidak sudah dapat mengkover wilayah Jatim mencapai 20 persen," ujar Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto, seperti diberitakan Sabtu (26/11/2016).

Menurut Erwin, ada banyak keunggulan dengan sistem pembayaran menggunakan multikartu ini. Di antaranya adalah menghemat waktu tunggu dan mempercepat arus ekonomi di jalan raya.

"Jika menggunakan kartu cukup dua detik saja, satu menit berarti bisa sekitar 30 mobil dan satu jam tinggal dikalikan, jadi berapa banyak waktu yang dihemat, sedangkan kalau manual satu mobil butuh 1,5 menit, ini juga untuk meminimalisir kemacetan di pintu tol," katanya.

Baca: Bank Harus Menggencarkan Transaksi Nontunai

Penggunaan kartu di jalan tol akan menghemat waktu antrean, yang juga bisa berdampak pada efisiensi waktu dan mendorong transaksi ekonomi. Erwin menargetkan hingga Juni 2017 penggunaan multikartu tol dapat digunakan di seluruh ruas tol di Indonesia.

"Tunggu kesiapan masyarakat dulu, kalau sudah banyak yang merasakan manfaatnya, maka seluruh ruas tol harus akan menggunakan multikartu," tutur dia.

Terkait kesiapan pihak perbankan memenuhi kebutuhan kartu, Erwin mengaku semua perbankan sudah siap dengan infrastrukturnya, dan hanya tinggal menunggu kesiapan masyarakat.

"Semoga Jatim bisa seperti Jakarta, penggunaan multikartunya sudah mencapai 25 persen. Badan pengatur jalan tol sudah siap, serta industri perbankan juga menyatakan siap tinggal masyarakatnya saja," bebernya.

Dia menambahkan, pengunaan multikartu di ruas tol War-Juanda ini juga didukung oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan empat bank umum di antaranya Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI.

"Ke depan, penggunaan pembayaran nontunai akan diarahkan ke multilane free flow di mana setiap kendaraan tidak perlu lagi berhenti di gardu untuk pembayaran," pungkasnya.


(AHL)