Semen Indonesia Kucuri Rp50 Miliar ke 445 UMKM

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 20 Jan 2017 18:26 WIB
semen indonesia
Semen Indonesia Kucuri Rp50 Miliar ke 445 UMKM
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) menggelontorkan dana sebesar Rp50 miliar untuk dana pengembangan sebanyak 445 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Rembang dan Blora, Jawa Tengah. ‎Pengembangan yang diberikan seperti meraih pelatihan teknik pemasaran dari perusahaan.

‎Dana sebesar Rp50 miliar merupakan program Corporation Social Responsibility (CSR) di 2016. Selain untuk UMKM, dana tersebut juga disalurkan untuk membuat embung dan pipanisasi air. Embung yang dibangun guna mengatasi kekeringan.

‎Direktur Utama Semen Gresik Sunardi Prionomurti menyebutkan‎, induk usaha Semen Gresik yaitu Semen Indonesia telah memberikan pengetahuan yang banyak bagi 445 UMKM. Pelaku UMKM itu berasal dari kawasan di ring satu pabrik semen Semen Indonesia di Desa Kadiwono Kecamatan Bulu dan wilayah Rembang lainnya.

"Selain dari Kabupaten Rembang, sebagian peserta pelatihan juga berasal dari Kabupaten Blora. Acara pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian dari managemen perusahaan kepada warga di sekitar kawasan pabrik. Kegiatan ini juga selaras dengan visi dari Pemkab Rembang dalam menurunkan angka kemiskinan," ungkap Surnardi dalam siaran persnya, Jumat (20/1/2017).

Dia menambahkan, Semen Indonesia memiliki 523 mitra binaan yang ada di Rembang. Mitra binaan tersebut bergerak di berbagai sekktor usaha di antaranya industri jasa, perdagangan, peternakan dan pertanian. Dari jumlah mitra binaan tersebut mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 800 tenaga kerja dengan total omzet mencapai Rp11 miliar.

"I‎ni tentunya jumlah yang cukup banyak, sehingga kami terus mendorong dan memberi dukungan kepada mitra binaan yang ada guna meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan menggerakan perekonomian nasional," tutur Sunardi.

Sementara itu‎, Bupati Rembang Abdul Hafidz menyambut positif langkah Semen Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Rembang. Oleh karena itu, atas nama Pemkab Rembang, dia menyampaikan terima kasih kepada managemen perusahaan Semen Indonesia.

"Semoga ini bisa menjadi kontribusi untuk Kabupaten Rembang di bidang ekonomi. Pemkab akan memberikan pengawalan terhadap pembinaan UMKM yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia. Kita doakan semoga Semen Indonesia bisa segera beroperasi di Kabupaten Rembang," pungkas Hafidz.


(AHL)