Menhub Dorong Pembelian Tiket Kapal Secara Daring

   •    Minggu, 18 Jun 2017 10:18 WIB
transaksi non tunai
Menhub Dorong Pembelian Tiket Kapal Secara Daring
Menteri Perhubungan Budi Karya. ANTARA/Hafidz Mubarak.

Metrotvnews.com, Banyuwangi: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong sistem pembelian tiket kapal secara daring atau online agar seluruh prosesnya lebih efisien.

Budi meyakini apabila seluruh proses dilakukan secara daring, maka tercipta sistem penjadwalan yang tepat waktu, sehingga alokasi waktu yang seharusnya untuk proses transaksi, bisa dialihkan untuk proses pengikatan kendaraan. 

"Jadi orang enggak menunggu lama, kita bisa mengatur juga untuk membuat jam keberangkatan dan waktu bongkat muat, jadi lebih pendek," katanya dikutip dari Antara, Minggu 18 Juni 2017. 

Selama ini, lanjut dia, keterbatasan waktu seringkali menjadi alasan kendaraan-kendaraan tersebut tidak diikat, akibatnya apabila terjadi gelombang, maka bisa berakibat fatal seperti kejadian beberapa waktu lalu dari Ketapang ke Gilimanuk, yaitu truk dan mobil pribadi terguling.

Selain itu, lanjut dia, pembelian secara daring juga membuat penumpang percaya diri karena tidak pelru khawatir akan keterlambatan karena waktunya sudah ditetapkan.

"Jadi orang itu lebih confident, ini juga yang mau kita kejar di bus," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi mengatakan pihaknya sudah mulai menjual tiket secara daring per 1 Juni 2017.

"Sudah sekitar 5.000 tiket terjual secara online, belum semua tentunya karena masyarakat pun menunggu THR," katanya.

Faik mengaku pihaknya tengah gencar menyosialisasikan pembelian tiket secara daring kepada masyarakat dan hal itu menjadi programnya.

Menurut dia, dibutuhkan waktu yang tidk sebentar untuk mengubah pola pembelian dari secara konvensional menjadi elektronik, khususnya bagi kalangan masyarakat menengah.

"Memang butuh waktu, KAI pun sampai empat tahun, saya pikir butuh edukasi lagi, kami juga sudah sosialisasi ke pabrik-pabrik," jelas dia. 



(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA