Bill Clinton 'Terpincut' Kopi Indonesia

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 15 Jul 2017 14:54 WIB
kopi
Bill Clinton 'Terpincut' Kopi Indonesia
Mentan Amran Sulaiman (kanan) saat berbincang dengan Bill Clinton (kanan). (FOTO: Dokumentasi Kementan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri World Coffee Producers Forum (WCPF) pada 10-11 Juli 2017 lalu.

Mengutip keterangan tertulis dari Kementerian Pertanian (Kementan), Sabtu 15 Juli 2017, Amran memanfaatkan pertemuannya dengan Presiden Kolombia Juan Manuel Santos dan mantan presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton di agenda WCPF pertama di kota Medellin tersebut.

WCPF merupakan inisiatif pemerintah dan sektor swasta Kolombia yang ditujukan untuk menjawab tantangan-tantangan terkini yang dihadapi lebih dari 25 juta penduduk dunia, yang menggantungkan hidupnya dari usaha produksi kopi.

Dalam forum WCPF dibahas upaya pengembangan kopi dengan sejumlah pemimpin dunia. Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu One Coffee Chain, One Coffee Family. Agenda utama pertemuan WCPF membahas mengenai produktivitas, dampak perubahan iklim, serta rantai pasok yang berkelanjutan dari produsen ke konsumen.

Amran didampingi oleh Dubes RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto berbincang-bincang hangat dengan Juan Manuel Santos dan Bill Clinton, serta Wakil Menteri Pertanian Vietnam.

Dia pun mengaku terkesan dengan pernyataan Bill Clinton yang memberikan perhatian khusus pada sektor kopi di Indonesia. Selanjutnya, Amran berdiskusi secara intensif dengan Wakil Menteri Pertanian Vietnam membahas upaya pengembangan perkopian.

 


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA