Jumlah Perempuan Wirausaha Capai 16,3 Juta di 2017

Desi Angriani    •    Senin, 15 May 2017 15:48 WIB
wirausaha
Jumlah Perempuan Wirausaha Capai 16,3 Juta di 2017
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri dalam Rakernas IPEMI 2017. MTVN/Desi Anggriani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri dalam Rakernas IPEMI 2017 mengungkap perempuan wirausaha di Indonesia meningkat dari 14,3 juta orang menjadi 16,3 juta di tahun ini. 

Hanif mencatat, partisipasi perempuan yang bekerja di sektor formal maupun informal juga mengalami kenaikan dari 48,87 persen menjadi 55,04 persen pada 2016.

"Angka yang cukup menggembirakan, partisipasi perempuan wirausaha juga mengalami peningkatan," tutur Hanif dalam sambutannya di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Menurut Hanif, peningkatan partisipasi perempuan dalam dunia usaha tak terlepas dari peran Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia. IPMI dinilai tak cuma mendorong penguatan ekonomi keumatan tapi juga mendorong gairah beragama di kalangan umat Islam.

"Ini tidak terlepas dari peran serta IPEMI yang terus mendorong agar dunia usaha di kaum muslimah dapat terus berkembang," tuturnya.

Untuk itu, dia meminta ikatan pengusaha muslimah terus memperkuat daya saing, khususnya yang bergerak di sektor UMKM. Caranya meningkatkan kualitas produk, merek, dan pengiriman.

"Daya saing tidak bisa dielakkan. suka atau tidak suka pengusaha perempuan harus  terus perkuat daya saing sehingga disini membutuhkan inovasi dari seluruh kewirausahaan dari para bapak ibu," pungkas dia.



(SAW)