Pengguna Nontunai di Jalan Tol Bisa Dapat Diskon hingga Hadiah Mobil

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 08 Sep 2017 21:49 WIB
jalan toltransaksi non tunai
Pengguna Nontunai di Jalan Tol Bisa Dapat Diskon hingga Hadiah Mobil
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyiapkan sejumlah program menarik demi meningkatkan transaksi nontunai di jalan tol. Meski akan diwajibkan pada 31 Oktober, saat ini baru sekira 30 persen transaksi di jalan tol yang menggunakan uang elektronik (e-money).

"Nanti badan usaha berusaha dengan perbankan juga akan melakukan upaya-upaya seperti diskon di kartu, nanti ada insentif juga dari sisi jalan tolnya," kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna di Kantor Pusat Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat 8 September 2017.

Saat ini diskon yang diberikan bagi para pengguna e-money untuk transaksi di jalan tol berupa 10 sampai dengan 20 persen. Tak menutup kemungkinan jika pemberian diskon tersebut akan diperpanjang dari masa diskon yang akan berakhir pada 10 September.

Selain diskon, BPJT juga membuka potensi untuk memberikan hadiah bagi masyarakat yang bertransaksi nontunai di jalan tol. Bahkan perbankan selaku penyedia e-money diharapkan bisa ikut serta dalam menyediakan hadiah yang akan diberikan.

"Saya dorong dari BUJT dari perbankan juga ada hadiah barang-barang bahkan katanya. Itu sudah mulai di-declare akhir bulan kita akan umumkan untuk mulai dilaksanakan. Mungkin pengundian nanti ada setiap apa jadi setiap transaksi bisa jadi ada reward," jelas dia.

Dirinya menambahkan, jika perbankan ikut serta dalam pengundian ini maka hadiah yang diberikan bisa berupa mobil. Namun begitu Herry belum mau merinci lebih jauh karena penentuan daripada hadiah apa dan bagaimana masih akan dibahas.

"Memang diskon tadi yang bisa memberikan dampak kepada pengguna, dan yang saya pikir tadi berupa hadiah untuk yang menggunakan uang elektronik tadi akan lebih menarik. Harusnya kalau bank ikut, kan biasanya mobil ya. Nanti kira-kira seperti itulah, kita cari bentuk persisnya apa," pungkasnya.


(AHL)