Kembali ke Indonesia, Sri Mulyani Akui Dapur Bukan Daerah Jajahannya

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 20 Jun 2017 16:21 WIB
rehat
Kembali ke Indonesia, Sri Mulyani Akui Dapur Bukan Daerah Jajahannya
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bercerita mengenai kegemarannya memasak makanan khas Indonesia.

Kegemaran itu ia lakukan saat bertugas di Washington AS sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Namun, sekembalinya ke Indonesia, Ani mengakui dirinya tak kenal dengan dapur.

Dia menceritakan perbedaan saat berada di AS dan Indonesia. Dia mengatakan, di AS dapur merupakan tempatnya karena dirinya tahu bumbu-bumbu diletakkan di mana, posisi kulkas di mana, bahkan tempat penyimpanan daging. Sehingga dirinya sering memasak sambil makan langsung di dapur.

"Kalau di sini (Indonesia), dapur itu bukan daerah jajahan saya, jadi saya bingung saja. Saya bilang ke suami, saya akan masak kalau dapurnya ada di depan saya," kata Ani saat acara buka bersama media di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.

Ani mengatakan, memasak sebenarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan. Baginya memasak adalah relaksasi. Dirinya mengatakan waktu di Bank Dunia, ia baru selesai bekerja dan sampai rumah pukul delapan waktu setempat, dia menyempatkan diri untuk memasak dan bisa dimakan satu jam setelahnya.

Makanan yang paling sering ia masak yakni lidah, satai padang, ayam cabai hijau atau bumbu kecap. Tak jarang dia mengundang tetangga untuk makan bersama.

"Ada banyak lidah sapi di AS, murah lagi. Saya beli lidah, makan sama suami saja, atau kadang tetangga dipanggil bikin satai padang gede-gede dagingnya, kalau di sini kecil-kecil. Memasak yang cepat saja bisa relaksasi," tandas Ani.


(AHL)